Menjadi Kartini di Masa Kini

0
146

Kartini telah memberi buah tangan yang manis untuk Indonesia : perempuan mendapatkan hak yang setara dengan laki-laki untuk bersekolah. Lalu, tak hanya pendidikan, perempuan mendapatkan hak yang setara di bidang-bidang lainnya. Karena jasa beliau, sampai hari inilah, para kaum perempuan merasakan kesempatan yang sama untuk bekerja hingga menyetir. Namun, sebenarnya, perjuangan kita belum sampai disitu saja. Masih banyak yang harus kita lakukan untuk menjadi Kartini di masa kini, terutama untuk diri kita sendiri.

Selepas era Kartini alias emansipasi wanita, harkat dan martabat perempuan lebih dihargai. Ini membuat kita lebih bebas dalam mengekspresikan diri….. well, seharusnya begitu. Namun, apakah kamu merasa demikian? Apa yang telah kita lakukan? Menyakiti diri sendiri, menjadi apa yang diinginkan orang banyak, menjadi apa yang kita lihat di media setiap harinya. Emansipasi wanita seharusnya menjadi “perayaan” atau selebrasi untuk menjadi diri sendiri.

Hari ini merupakan hari Kartini. Dengan semangat Kartini, mari kita ambil beberapa hal tentang Kartini yang layak dijadikan panutan dan lebih menjadi “pahlawan” untuk diri kita sendiri.

 

  1. Hargai dirimu sendiri

Kartini mengajarkan dan menyebarkan semangat untuk lebih menghargai sesama manusia. Selain menghargai sesama umat manusia, kini berusahalah untuk lebih menghargai dirimu sendiri. Sedari dulu, kita selalu diajarkan untuk mengucapkan terima kasih. Kita juga telah diajarkan apa yang tak pantas dan pantas untuk dilakukan pada masyarakat. Namun, apa yang belum diajarkan dan kita selalu gagal? Mencintai diri sendiri. Mulailah menghargai diri sendiri dan mulailah mengucapkan terima kasih pada diri sendiri. Berikan dirimu pelukan dan berterima kasihlah pada dirimu sendiri karena telah “berperang” sejauh ini.

 

  1. Tetaplah rendah hati

Seperti Kartini, ia tetap menjalani hidup sederhana walaupun merupakan anak seorang bangsawan. Saat pernikahannya yang sesama darah bangsawan juga, ia tetap memilih untuk tidak mengadakan pesta sampai memakan pakaian pengantin. Tetaplah rendah hati, tetaplah berterima kasih terhadap hal-hal kecil yang ada di dunia ini.

 

  1. Bermimpilah dan optimis

Bermimpilah setinggi mungkin seperti Kartini. Tetap beranilah menghadapi semua permasalahan yang ada di depan matamu dan melihatlah ke depan. Namun, tetaplah rendah hati dan jangan terlalu memaksakan dirimu. Tetap beri penghargaan untuk dirimu walaupun nantinya akan ada kegagalan. Tetaplah memberikan waktu untuk dirimu sendiri.

 

  1. Fight your own demons

Setiap manusia pasti mempunyai “setan” masing-masing di diri mereka sendiri. Setan yang selalu memaksakan kita untuk pesimis dan selalu merasa gagal, kalah, dan sedih. Pasti ada waktu-waktu dimana kita merasa sangat gagal dan membenci diri sendiri. Namun kini, perangilah. Jika kamu merasa terlalu berat untuk ditanggung sendiri, tidak apa-apa untuk mencari pertolongan pada temanmu. Tidak apa-apa untuk meminta tolong dan tak selalu terlihat kuat, kita adalah manusia biasa, bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.