Tips Anti Galau Menerima Pengumuman SBMPTN 2019

0
2314
pengumuman sbmptn 2019

Sebelum membuka pengumuman SBMPTN 2019, sebaiknya perlu diketahui jika total pendaftar SBMPTN 2019 mencapai 714.652 peserta yang terbagi kelompok Saintek sebanyak 360.329 peserta, Soshum sebanyak 345.896 peserta dan Campuran 8.427 peserta. Jumlah yang tentunya sangat banyak dan hanya sebagian saja yang diterima.

Bagi yang dinyatakan “Lulus SBMPTN” sudah pasti akan senang karena perjuangan mendapatkan kursi kuliah sudah tercapai. Sedangkan bagi yang “Tidak Lulus SBMPTN” tampaknya Anda harus berlapang dada menerima hasil tersebut. Bangkitlah, masih ada asa yang terus diperjuangkan!

“Setiap orang punya jatah gagal, habiskan jatah gagalmu ketika kamu masih muda”

-Dahlan Iskan

Pengumuman SBMPTN 2019

SBMPTN Bukan Akhir Segala

SBMPTN itu bukan akhir segala. Bagi yang sudah Lulus, SBMPTN adalah gerbang awal untuk memasuki kuliah yang tantangan lebih berat ketimbang masa SMA. Kurang lebih empat tahun, Anda akan mendalami bidang dan kampus yang telah dipilih. Sedangkan bagi yang tidak lulus, bukan berarti tak ada harapan untuk berkuliah. Tenang, dunia belum kiamat. Ada banyak jalan menuju kesuksesan tak hanya dari SBMPTN. Yuk, bangkit!

Introspeksi Diri

Introspeksi diri beda dengan menyalahkan diri sendiri. Introspeksi diri ini membuatmu mengambil pelajaran dari apa-apa saja yang sudah kamu lakukan. Jika saat ini gagal SBMPTN, coba deh cari tahu apakah sudah serius belajar SBMPTN? Sudahkah berdoa pada Tuhan serta mohon restu orang tua? Jika sebelumnya tidak maksimal, jadikan pengalaman SBMPTN ini pembelajaran agar lebih serius memanfaatkan setiap kesempatan yang ada. Kegagalan bukan memalukan, justu ini pembelajaran.

Rencana Tuhan adalah Terbaik

Tuhan memberikan apa Anda yang dibutuhkan, belum tentu apa yang anda inginkan. Jika saat ini keinginanmu lulus SBMPTN belum terwujud, bukan berarti tak punya masa depan. Tuhan selalu punya rencana terbaik bagi hambanya. Mungkin bisa saja PTN yang menjadi incaranmu tidak membawa berkah sehingga Tuhan tidak mengabulkan mimpimu berkuliah di sana. Stay positive!

Baca juga: Sisi Lain dari Sutopo Purwo Nugroho

Masih Ada Jalur Lain

Selain SBMPTN 2019, beberapa universitas masih membuka jalur mandiri setelah pengumuman SBMPTN 2019. Jadwal pendaftaran jalur mandiri itu berbeda-beda tiap kampus. Oleh sebab itu, silakan cari informasi di website resmi kampusnya secara langsung. Bahkan jalur mandiri bidikmisi juga ada kok!

Selain jalur Mandiri PTN, Anda juga dapat mempertimbangkan kampus swasta. Beberapa kampus swasta tak kalah kualitasnya dengan PTN.

Baca juga: Bottle Cap Challenge Lagi Hits Nih! Mau Coba?

Nah, hasil Pengumuman SBMPTN 2019 akan segera dapat diakses pada Selasa, 9 Juli 2019 mulai pukul 15.00 WIB. Cara melihat pengumuman UTBK SBMPTN 2019 cukup mudah karena hanya dengan dengan membuka link https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id.

Jika link pengumuman sbmptn tersebut error, maka bisa mengakses link mirror di 11 PTN lain dibawah ini;
https://sbmptn.undip.ac.id
https://sbmptn.ugm.ac.id
https://sbmptn.unair.ac.id
https://sbmptn.unsri.ac.id
https://sbmptn.untan.ac.id
https://sbmptn.itb.ac.id
https://sbmptn.its.ac.id
https://sbmptn.ipb.ac.id
https://sbmptn.unand.ac.id
https://sbmptn.unhas.ac.id
https://sbmptn.unsyiah.ac.id

Anda bebas memilih salah satu link di atas ini tidak harus sesuai dengan universitas yang dipilih saat SBMPTN.

Akhirnya, terus semangat bagi yang lulus maupun yang tidak lulus. Tak perlu galau jika tidak lulus SBMPTN. Manusia boleh merencanakan, tapi Tuhan yang menentukan. Yang terpenting maksimalkan usaha dengan doa. Yakinlah, dibalik segala ketetapan selalu ada hikmah didalamnya.

Baca juga: Kuliah Sambil Kerja, Bisa kok!

loading...