Kuliah Sambil Kerja? Inilah 10 Pekerjaan Fleksibel Untuk Mahasiswa

0
1192
kuliah sambil kerja
sumber: freepik.com

Mau fokus kuliah atau kuliah sambil kerja?

Yap, itulah dilema yang muncul dibenak mahasiswa terutama mahasiswa baru. Sebenarnya kuliah sambil kerja bukan sesuatu yang sulit lho selama punya manajemen waktu yang baik dan memilih pekerjaan yang tepat.

Kuliah sambil kerja juga bukan sesuatu aib yang harus ditutupi kok. Selain mendapatkan uang/gaji, manfaat kuliah sambil kerja diantaranya menambah pengalaman, menciptakan personal branding, memperluas relasi, dan memperbagus CV.

Memang sih ada banyak info lowongan pekerjaan yang terbuka, tapi tidak semuanya cocok dijalankan saat kuliah. Oleh karena itu, sahabat pagi perlu selektif dalam memilih pekerjaan berdasar pertimbangan hobi, passion, skill dan waktu.

Nah, berikut adalah 10 pekerjaan yang bisa dipilih jika kamu memutuskan kuliah sambil kerja.

10 Pekerjaan Untuk Kuliah Sambil Kerja

#1. Desainer Grafis

sumber: karirpad.com

Mahasiswa zaman now rasanya cukup familiar desain grafis. Apalagi banyak aplikasi desain grafis gratis yang bisa digunakan. Skill desain grafis ini dapat dijadikan modal untuk mendapatkan uang dengan catatan terhindar dari “harga teman” atau “desain gratis”. Posting karya desain grafis terbaikmu di media sosial untuk memberikan branding jika kamu adalah seorang desainer grafis. Tak lupa juga bergabung ke situs freelancer agar rutin mendapatkan job.

#2. Copywriter

Jika tidak punya skill desain, maka copwriter bisa kamu pertimbangkan. Ya, dengan modal membuat tulisan saja sudah dapat bayaran. Tinggal bagaimana caranya bisa mendapatkan tawaran job menulis yang kontinu. Untuk memulai menjadi copywriter pastikan sudah mempunyai portofilio karya agar menyakinkan klien.

#3. Jurnalis Kampus

Meskipun masih berstatus mahasiswa bukan berarti tidak bisa menjadi jurnalis. Mahasiswa bisa lho menjadi jurnalis kampus. Beberapa kampus membutuhkan mahasiswanya untuk menjadi jurnalis guna mengisi konten website kampus. Cara kerjanya pun juga tidak terlalu ribet. Cukup hadir di event kampus yang diminta, ambil foto kegiatan, tulis berita dan posting.

#4. Social Media Specialist

Mengelola media sosial sebuah perusahaan ternyata bisa dijadikan sebuah pekerjaan. Tugas yang dilakukan admin media sosial meliputi pembuatan konten, upload konten, melaporkan perkembangan media sosial dan sebagainya. Dalam mengelola media sosial sebuah perusahaan harus menyesuaikan dengan visi, misi, value atau corporate culture perusahaan tersebut.

Baca juga: Tips Anti Galau Menerima Pengumuman SBMPTN 2019

#5. Jasa Penerjemah

Jika kamu seorang mahasiswa dari jurusan bahasa asing seperti bahasa Inggris, Jerman, Belanda, Jepang atau sebagainya maka gunakan itu sebagai modal membuka jasa penerjemah. Jasa penerjemah ini banyak dibutuhkan terutama untuk menerjemahkan referensi bahasa asing atau men-translate ke bahasa asing. Jasa penerjemah termasuk fleksibel sehingga kuliah sambil kerja tak masalah.

#6. Freelancer Fotografi & Videografi

Punya kamera DSLR atau mirorless? Jangan dianggurin. Skill fotografi dan videografi ini banyak dibutuhkan lho saat ini. Misalnya untuk foto produk, foto wisuda, video company profile, dan sebagainya. Dibandingkan pekerjaan lain, freelancer fotografi dan videografi ini memang butuh modal yang tak sedikit untuk membeli alat-alat. Namun, bayaran yang ditawarkan juga tidak sembarangan.

#7. Kuliah Sambil Kerja Buka Jasa Website

Era digital meniscayakan adanya pemasaran digital. Untuk itu dalam memasarkan suatu produk atau jasa membutuhkan sebuah website. Nah, membuka jasa pembuatan website adalah langkah yang tepat terutama jika kamu kuliah dibidang Teknik Informatika. Pasalnya, banyak perusahaan ingin memiliki website baik untuk website resmi atau promosi.

#8. Menjadi Blogger

Meski tidak instan, blogger bisa menghasilkan uang. Agar punya blog yang berkualitas dan ramai pembaca tentu harus update postingan blog secara berkala. Konsistensi adalah kunci. Untuk itu, sebaiknya fokus konten dan jangan memikirkan uang dulu. Jika pembaca blog sudah banyak, para agency dan advertiser akan datang dengan sendirinya. Perlu diketahui ragam cara monetize blog sesungguhnya cukup beragam mulai dari iklan, artikel review, ikut lomba blog dan sebagainya.

Baca juga: Bottle Cap Challenge Lagi Hits Nih!

#9. Vlogger (Youtubers)

Buat kamu yang percaya diri depan layar tak ada salahnya mencoba menekuni dunia vlogger atau acap kali disebut Youtubers. Apalagi kamera smartphone sekarang sudah mumpuni untuk membuat video. Oleh sebab itu, tidak ada alasan untuk tidak bekarya.

#10. Merintis Jadi Influencer

Mempunyai followers banyak belum tentu menjadi influencer, sedangkan influencer pasti punya followers yang banyak. Perlu diketahui jika Influencer terkadang tidak mendapatkan uang saja tapi juga bisa dalam benefit lain seperti free product, voucher, dan invitation. Selain memikirkan jumlah followers, feed Instagram juga perlu diperhatikan jika memutuskan menjadi influencer. Jadilah influencer yang beretika sehingga klien tak kapok untuk menjalin kerja sama lagi.

View this post on Instagram

Pilihan hidup sebagai seorang Travel Photographer menjadikan saya selalu berusaha untuk mempelajari kearifan lokal, akulturasi budaya sekitar dari berbagai sudut pandang yang berbeda. Begitu juga ketika menikmati keindahan pemandangan alam maupun hasil cipta karya manusia selalu saya abadikan dalam bingkai potret kamera. Semuanya saya coba sederhanakan dalam karya fotografi perjalanan yang bisa saya kenang nantinya. Kecintaan saya terhadap pekerjaan dan aktivitas ini adalah bisa merasakan suatu hal yang sangat personal bagi diri saya sendiri. Apalagi traveling terutama hiking membuat saya bisa merasakan bagaimana belajar dengan berkoneksi dengan diri sendiri, orang sekitar dan alam semesta. Disini saya belajar untuk peduli terhadap setiap apa yang ada didepan saya, mencoba belajar mensyukuri segala nikmat Tuhan hingga detik ini, hingga belajar bagaimana rasanya berjuang untuk cita-cita dimasa yang akan datang. Ketika berinteraksi dengan penduduk sekitar membuat saya lebih peka terhadap apa yang ada disekitar saya, seperti mengenal bahasa tradisi masyarakat lokal. Untungnya dalam setiap perjalanannya saya selalu ditemani @listerineid untuk mencegah bau mulut yang mengganggu rasa percaya diri. @listerineid dilengkapi dengan kandungan zink, flouride, dan empat essentials oil, terbukti dapat  membantu mengurangi plak, menjaga kesehatan gusi, mencegah gigi berlubang, dan membuat napas lebih segar. Dengan antiseptic mouthwash di pagi hari, yang bisa mengubah hidup saya karena : – Membuat Napas Lebih Segar – Semakin Percaya Diri di Depan Klien – Menjaga Mood Tetap Oke Saya selalu melakukan kebiasaan berkumur setiap pagi dengan mouthwash terbaik, untuk menjaga kesehatan gigi, mulut, dan membantumu lebih siap menghadapi hari! Bahkan ukurannya juga travelable banget, tersedia berbagai ukuran, varian rasa dan yang terpenting adalah anti tumpah. Sangat mendukung aktivitas saya yang memiliki passion berpetualang bebas berkeliling Indonesia bahkan kemarin aku bawa mudik lebaran Road Trip Bromo, Lumajang, Lombok hingga Bali. Because dreams do come true, I believe, I can start chasing my dreams with @listerineid and @farmersmarket99id #HidupBersihHakiki

A post shared by Fahmi Adimara (@fahmiadimara) on

Baca juga: Pendidikan atau Pengalaman Kerja?

Era digital memang banyak membuka lapangan pekerjaan baru yang menggiurkan. Menyoal jadwal kerjanya pun fleksibel tak seperti pekerja kantoran sehingga dapat dilakukan mahasiswa. Untuk itu, untuk kamu mahasiswa yang ingin memutuskan kuliah sambil kerja, bijak-bijaklah memilih pekerjaan. Anggaplah belajar manajemen waktu.

Percayalah, pengalaman kerja sambil kuliah akan menjadi nilai tambah ketika sahabat pagi sudah lulus nanti.

loading...