Pentingnya Menyalakan Lampu Utama Motor pada Siang Hari

0
130
Pentingnya Menyalakan Lampu Utama

Pentingnya Menyalakan Lampu Utama Motor pada Siang Hari – Sejak tahun 2009 silam, pemerintah mengeluarkan aturan dalam bentuk Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 107 yang mengharuskan pengendara sepeda motor menghidupkan lampu utama di siang hari. Hal ini sempat menimbulkan pro dan kontra bagi masyarakat terutama yang menggunakan sepeda motor sebagai transportasi sehari-hari lantaran anggapan bahwa menyalakan lampu pada siang hari tidak memberi efek apapun dan hanya membuat usia aki & lampu bohlam motor menjadi lebih pendek.

Baca juga: Aplikasi Path Ucapkan Selamat Tinggal

Namun, bukan tanpa alasan pemerintah mengeluarkan aturan Lalu Lintas tersebut. terkait dengan keselamatan pengguna jalan, menyalakan lampu utama di siang hari atau dikenal Daytime Running Light (DRL) dapat mengurangi potensi kecelakaan. Dari data yang tercatat menyebutkan penggunaan DRL mampu mengurangi risiko kecelakaan hingga 50%. Jumlah kecelakaan lalu lintas melibatkan sepeda motor merupakan yang tertinggi dibandingkan dengan transportasi lain. Penyebab kecelakan tertinggi adalah faktor manusia. Oleh sebab itu pemerintah mengeluarkan aturan lalu lintas untuk wajib menyalakan lampu utama pada motor di siang hari supaya dapat mengurangi tingginya tingkat kecelakaan pada sarana transportasi sepeda motor.

Dari hasil mengungkapkan bahwa ketika berkendara dari arah yang berlawanan ada sinar yang datang, maka pupil mata akan tertarik (mengikuti arah cahaya) sehingga pengemudi menjadi lebih peduli dan memperhatikan. Sedangkan jika sumber cahaya muncul dari belakang kendaraan, secara sadar maupun tidak sadar jika cahaya datang maka pengemudi akan melirik ke kaca spion dan bisa mengetahui keberadaan kendaraan yang berada dibelakang.

Baca juga: Kerja Fleksibel Makin Diminati Oleh Orang Tua Bekerja

Jadi, jika lampu utama motor anda tidak menyala atau rusak, segera menggantinya dengan lampu baru sebelum membawa efek yang membahayakan bagi anda maupun orang lain. Lampu bohlam produk dari Baransu bisa menjadi solusi bagi anda yang menginginkan lampu bohlam yang terang dan tahan lama. Bohlam produk dari Baransu dibuat dengan kaca yang tebal dan finishing menggunakan sistem vakum sehingga kaca tidak bergeser dan sorot cahaya sangat fokus. Pada bagian sekrup ulir dan isolator juga terbuat dari bahan tembaga sehingga tidak berkarat. Produk bohlam Baransu dapat dipesan secara online pada marketplace Tokopedia dan Bukalapak serta pada situs resmi Baransuparts.com.

Itulah alasan pentingnya menyalakan lampu utama motor pada siang hari. Mari berkendara dengan aman dan menjaga keselamatan diri sendiri serta orang lain.

loading...