Pesan Makanan Lewat Fitur Stiker Baru di Instagram

0
242

Pesan Makanan Antar atau disebut delivery order bukanlah hal baru. Beberapa tahun belakang, aplikasi Gojek dan Grab sudah memasang Fitur pesan makanan pada aplikasi mereka. Ditambah lagi, pesan makanan online akhir-akhir ini melonjak tajam karena pandemi.

Oleh karena itu, untuk membantu pelaku usaha di bidang kuliner, Instagram meluncurkan fitur stiker pesan makanan.

Disadari atau tidak pandemi ini telah mematikan sektor ekonomi masyarakat dunia. Salah satunya adalah pelaku usaha kuliner. Baik usaha rumahan hingga bisnis kuliner skala besar.

Baca Juga: Berbagi Berkah MyPertamina 2020: Siap Sebar Hadiah Senilai Milyaran Rupiah

Melansir dari the Sun, fitur pesanan makanan ini berupa layanan pesan makanan yang dikemas dalam bentuk stiker yang digunakan pada unggahan Instastory. 

Stiker ini juga sudah berlaku di Indonesia. Harapannya dapat memudahkan masyarakat Indonesia untuk membantu bisnis kuliner favorit pengguna di Instagram. Sahabat Inspirasi Pagi juga dapat langsung memesan makanan atau minuman yang ditawarkan melalui stiker ini juga lho!

Caranya mudah. Cukup ketuk tulisan ‘Pesan’ pada stiker di unggahan InstaStory. Nantinya pengunjung akan diarahkan ke layanan pesan atau makan yang sudah didaftarkan oleh pemilik usaha. Untuk hal ini, Instagram bekerjasama dengan GrabFood dan GoFood. 

Penggunaan stiker pesan makanan hanya berlaku pada pengguna Instagram dengan akun bisnis. Bagi Anda yang berminat untuk memesan makanan, pastikan akun Anda sudah beralih ke akun bisnis.

Bagaimana caranya? 

1. Buka profil Instagram Anda

2. Pilih opsi Edit Profile

3. Pada ‘Public Bussines Information’ (Informasi Bisnis Publik),  klik ‘Action Button’ (Tombol Tindakan) 

4. Pada ‘Select a Button’, pilih opsi ‘Order Food’

5. Tambahkan tautan jualan Anda di aplikasi pengiriman makanan

6. Selesai

Akan ada button Order Food di laman profil jualan Anda. Jika Anda mengaktifkan tombol ini, maka pilihan seperti Get Tikets, Reserve, dan lainnya akan hilang.

Selain itu, Instagram juga meluncurkan stiker Order Food. Anda bisa mengunggah Instastory foto makanan yang Anda jual, kemudian tambahkan stiker tersebut. Saat seorang pengguna mengetuk klik order, pengguna tersebut akan dialihkan ke laman penjualan Anda. 

Tak hanya stiker pesan makanan,  Instagram juga meluncurkan stiker Gift Card untuk membantu para UMKM memasarkan voucher diskon bisnis mereka.

Hal ini berlaku saat pengguna mengetuk stiker tersebut di Stories, pengguna akan diarahkan ke profil penyedia gift card di instagram.

Baca Juga: Tips Agar Tak Menyesal Berbelanja Online

Saat ini Instagram juga bekerja sama dengan organisasi Support Local Brand untuk antisipasi dampak pandemi terhadap UMKM lokal. Strategi pemasaran online ini dipilih oleh Instagram guna mendukung bisnis online yang ada di seluruh dunia saat masa sulit seperti ini.

Gimana Sahabat Inspirasi Pagi, siap mencoba pesan makanan melalui Instagram?

loading...