Review Novel Perahu Kertas

0
221

Novel Perahu Kertas adalah novel keenam karya Dewi Lestari. Bagi  penikmat karya Dewi Lestari atau biasa dipanggil Dee tentu disayangkan jika melewatkan novel yang pertama kali terbit tahun 2009. Kesuksesan novel ini telah membawanya diadaptasi menjadi film layar lebar pada tahun 2012 oleh Starvision.

Novel Perahu Kertas berkisah tentang seorang remaja pria yang baru lulus SMA bernama Keenan. Selama ini Keenan tinggal di Amsterdam bersama neneknya dan bercita-cita menjadi pelukis. Sayangnya ia harus kembali ke Indonesia untuk kuliah atas paksaan ayahnya. Akhirnya Keenan diterima berkuliah di Fakultas Ekonomi di Bandung.

Di lain sisi Bandung, ada seorang gadis mungil bernama Kugy yang sangat terobsesi menjadi juru dongeng. Kegemarannya akan dongeng ini telah ditekuninya sejak ia masih kecil. Untuk menggapai impiannya ia kuliah di Fakultas Sastra yang seuniversitas dengan Keenna.

Pertemuan keduanyalah yang menjadi awal plot novel ini terbentuk. Bagaimana suka duka Keenan dan Kugy memperjuangkan persahabatan dan impian mereka. Namun di tengah jalan ada rahasia yang berusaha di tutupi salah satu dari mereka. Ada rasa yang tak boleh terucap.

Novel Perahu Kertas menyajikan ide cerita sederhana namun kaya makna. Bagamaimana seorang manusia memperjuangkan impiannya di tengah gejolak rintangan yang berasal dari keluarga. Bagamaiman seorang manusia yang untuk pertama kali menemukan hubungan yang lebih dari sekedar persahabatan.

Alur cerita yang digunakan oleh Dewi Lestari terbilang enak dibaca dan membuat pembaca menjadi memahami cerita. Penokohan yang terbilang apik karena tokoh-tokoh dalam novel, seperti Keenan, Kugy, Wanda dan sebagainya.

Sayangnya novel Perahu Kertas ini membuat alur cerita yang terlalu panjang di bagian berpisahnya Keenan dan Kugy. Novel ini membuat cerita bagaimana kehidupan pasca Keenan pindah ke Bali dan bagaimana Kugy melanjutkan hidupnya tanpa Keenan. Pembaca dibuat menunggu lama untuk sampai pada anti klimaks cerita ini.

Jika Anda penyuka cerita bertema persahabatan, cinta dan keluarga, novel Perahu Kertas dapat menjadi alternatif bacaan pilihan. Apalagi bagi Anda yang memiliki impian untuk memperjuangkan cita-cita, novel ini dapat menjadi inspirasi untuk tidak mudah menyerah.

Judul buku                  : Perahu Kertas

Penulis                         : Dewi Lestari “Dee”

Penerbit                       : Bentang Pustaka

Tahun Terbit               : 2009

Jumlah Halaman         : 444 halaman

Baca juga

Review Buku Dunia Sophie Jostein Gaarder
Manfaat Membaca untuk Peningkatan Kualitas Diri
Review Buku: 99 Pola Pikir yang Bikin Kamu Susah Kaya
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.