Samsung Ikutan Bikin Ponsel Gaming?

0
91
samsung
Ponsel gaming cukup menjadi trending saat ini. Persaingan ketat itu mungkin bakal bertambah sengit karena salah satu produsen smartphone asal Korea Selatan, Samsung kabarnya akan ikutan bikin ponsel gaming. Vendor smartphone asal Korea Selatan itu disebut sedang menyiapkan ponsel khusus game, mengikuti Asus ROG, Razer Phone, Honor, Huawei dan Xiaomi Black Shark.
Menurut laporan dari PhoneArena, Samsungitampaknya bakal meramaikan persaingan di segmen buat para penggemar mobile gaming tersebut dengan sebuah perangkat.
Belakangan rumor mengenai hal tersebut kembali mencuat dari sebuah akun Twitter yang dikenal sering membocorkan informasi soal produk mendatang dari Samsung. Sang admin akun seolah menegaskan bahwa Samsungimemang tengah mengembangkan ponsel gaming.

 

samsung

Baca juga: Justin dan Hailey Resmi Menikah Tanpa Perjanjian

Namun dari sekelebat informasi itu, dia tak menerangkan lebih lanjut tentang detil perangkat dimaksud. Tetapi, dari bocoran yang beredar sebelumnya, Samsungiturut disinyalir sedang membuat smartphone baru dari seri Galaxy A.

Galaxy A merupakan lini ponsel papan tengah Samsung, tapi spesifikasi smartphone misterius ini justru terbilang high-end dengan chip Snapdragon 845, RAM 8 GB, dan media penyimpanan 256 GB.

Banyak yang berspekulasi bahwa perangkat Galaxy A itu tak lain merupakan calon ponsel gaming dari Samsung. Smartphone gaming buatan Samsung ini nantinya juga akan dibenamkan water carbon untuk sistem pendinginannya.

Tak berhenti sampai di situ, Samsung juga dikabarkan akan membuat prosesor pengolah grafis sendiri untuk ponsel gamingnya.

Baca juga: Pendidikan Seks di Beberapa Negara Termasuk Indonesia

Prosesor pengolah grafis ini biasa disebut dengan GPU. Bocoran tersebut muncul dari sebuah status yang diunggah oleh Ice Universe di Weibo, sebuah aplikasi jejaring sosial terbesar di China.

Ice Universe sendiri dikenal dengan akun pemberi bocoran yang andal soal smartphone. Seakan setiap bocoran yang dikeluarkan jarang ada yang meleset. Status Ice Universe ini seirama dengan perkiraan Jon Peddie, seorang analis industri beberapa bulan lalu.

Peddie mengatakan  bahwa GPU Samsung mungkin akan jadi lawan yang setanding untuk GPU yang dirancang Apple untuk iPhone.

Dikutip dari TechRadar, Samsung sebelumnya sudah memiliki SoC sendiri yang diberi nama Exynos. Namun, bagian GPU Exynos selama ini masih menggunakan prosesor grafis rancangan ARM, yaitu seri Mali.

Sebagai info, GPU merupakan salah satu komponen prosesor di dalam SoC, mendampingi prosesor utama CPU dan prosesor lain seperti Neural Processing Unit (NPU) untuk pengolahan kecerdasan buatan.

Baca juga: Tips Mencintai Pekerjaan Yang Tidak Kamu Sukai

Sedangkan untuk projek pengembangan GPU Samsung ini, kabarnya dipimpin oleh Dr.Chien Ping Lu. Seorang veteran industri desain chip grafis yang pernah bekerja di beberapa brand besar seperti Nvidia, MediaTek, dan Intel sebelum akhirnya direkrut Samsung.

Lantas kapankah vendor asal Korea Selatan ini akan menjawab rumor-rumor yang makin banyak beredar tentang smartphone gamingnya ini? kita tunggu saja kelanjutannya akan seperti apa.
loading...