4 Tips Penting Sebelum Anda Membeli Smartphone

0
60
telepon genggam, smartphone, internet

Smartphone. Siapa yang tidak mengenal alat canggih yang satu ini? Ya. Agaknya semua orang sepakat bahwa telepon pintar ini telah menjadi kebutuhan primer layaknya kebutuhan manusia untuk makan. Bagaimana tidak? Hampir di setiap aktivitas yang kita lakukan, tidak akan terlepas dari penggunaan smartphone. Terbukti, survey terbaru yang dilakukan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia menunjukkan dari 143,26 juta jiwa penduduk Indonesia yang menggunakan internet, 44,16% diantaranya menggunakan smartphone sebagai perangkat yang dapat membantu pengaksesan internet.

Sementara itu, perkembangan penjualan smartphone baik dengan sistem operasi android yang dikembangkan oleh Google maupun sistem IOS oleh Apple juga tercatat tumbuh secara signifikan pada 3 tahun terakhir. Pada tahun 2018 ini para produsen smartphone telah merilis produk-produk terbaru yang akan menjadi unggulan mereka dalam persaingan diberbagai segmen, mulai dari kelas rendah dibawah satu jutaan sampai segmen premium yang mencapai belasan juta rupiah.

Metode penjualan yang ditetapkan pun semakin atraktif dan beragam, mulai dari pre-order sampai flash sale pada beberapa toko online terkemuka. Bagi anda yang berencana membeli smartphone tahun ini, berikut inspirasipagi sajikan beberapa tips dalam memilih smartphone.

  1. Punya Izin Peredaran Resmi

Apabila anda tertarik dengan salah satu produk smartphone, Pastikan gadget yang akan anda beli memiliki izin beredar, karena aspek ini merupakan salah satu aspek yang sangat terkait dengan garansi dan klaim apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Di Indonesia sendiri, beberapa produk smartphone telah ditarik dari peredaran dikarenakan izin yang bermasalah.

2. Sesuaikan dengan kebutuhan

Setiap smartphone yang dirakit oleh produsen tentu memiliki karakteristik dan fokus tertentu sesuai dengan spesifikasi dan perangkat yang digunakan. Bagi anda yang tertarik dengan aktivitas fotografi dan video, anda perlu mempertimbangkan smartphone yang berfokus pada kamera yang mumpuni. Hal ini akan berbeda apabila keputusan anda membeli smartphone didasarkan pada keinginan untuk menggunakan lebih banyak waktu anda bermain games, anda perlu selektif memilih beberapa komponen seperti jenis prosesor yang digunakan, besarnya RAM, kapasitas memori dan kapasitas baterai.

3. Pilih momen yang tepat

Beberapa produsen dan distributor memberlakukan diskon pada momen momen tertentu yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan smartphone dengan harga lebih murah. Mendekati hari besar, hari belanja online nasional maupun sama momen peluncuran perdana adalah momen tepat apabila anda ingin mendapatkan smartphone mengingat biasanya anda akan membayar harga yang lebih murah.

4. Simak review dan kenali smartphone pilihan Anda

Memutuskan memilih smartphone bisa jadi hal yang cukup membingungkan bagi beberapa orang, mengingat smartphone tersebut akan dipakai sehari hari dalam waktu yang relatif tidak singkat. Oleh karena itu, anda perlu mencermati produk yang anda akan beli dengan terlebih dahulu melihat lebih dekat barang tersebut baik melalui datang ke galeri atau store langsung maupun menyimak review yang tersedia di platform online seperti youtube.

Baca juga artikel inspiratif lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.