Insecure Ditengah Kebisingan Sosial Media

Tips Melawan Perasaan Insecure

0
227
Insecure

Mungkin kamu adalah salah satu orang yang memiliki perasaan insecure ditengah kebisingan sosial media. Insecure adalah perasaan yang muncul tanpa disadari oleh individu. Perasaan insecure ini dipicu oleh rasa tidak puas dan tidak yakin oleh kapasitas diri. Dan pada akhirnya rasa insecure ini yang membuat kita menciptakan topeng untuk menyembunyikan sisi lain kita agar tidak terlihat oleh orang lain. Sehingga, membuat kita tampak hebat dimata orang lain. Hal ini wajar dirasakan oleh manusia karena sifat dasar manusia yang cenderung kurang bisa menyadari kelebihannya sendiri dibandingkan orang lain. Adanya sosial media saat ini pun juga bisa menjadi salah satu pemicu munculnya perasaan insecure. Banyak melihat kehidupan orang lain melalui sosial media yang seakan terlihat sempurna.

            Kebisingan sosial media saat ini memang menjadi salah satu pemicu timbulnya perasaan tersebut. Bagaimana mengatasi persaaan insecure yang muncul dalam diri kita. Simak tips berikut yuk:

  1. Positif thinking

Cara utama yang harus kamu coba ketika kamu merasa insecure. Cobalah untuk berpikiran positif. Melihat dari angle berbeda terhadap hal yang membuat kamu rendah diri. Kecenderungan manusia memang melihat kekurangan atau negatif-nya. Tetapi latihlah dirimu untuk bisa berpikiran positif.

2. Temukan lingkungan yang supportif

Carilah lingkungan yang supportif. Kamu pasti butuh seseorang yang mendukungmu. Manusia adalah makhluk sosial sehingga membutuhkan orang lain untuk menguatkan diri. Bercerita ke orang lain yang berada dalam lingkungan positif akan sangat baik untukmu. Tinggalkan pergaulan yang justru membuatmu lebih merasa insecure.

Baca Juga: Bahagia Ialah Bagaimana Kamu Mencintai Dirimu Sendiri

3. Kurangi penggunaan social media

Social media yang menyebabkan timbulnya perasaan insecure harus kamu kurangi penggunaannya. Banyak melihat postingan orang lain akan semakin membuat kamu merasa down. Munculnya perasaan insecure di tengah kebisingan sosial media saat ini memang tidak dapat dihindarkan karena banyaknya orang berlomba-lomba memposting kehidupan yang tampak indah. Maka dari itu kamu yang harus mengurangi melihat hal-hal yang semakin menimbulkan insecure. Kamu harus tutup sumbernya!

4. Temukan kelebihanmu

Kamu pasti punya kelebihan! Ketika merasa down kamu harus yakin pada dirimu sendiri. Jika kamu tidak merasa yakin pada dirimu sendiri lalu bagaimana orang lain bisa yakin terhadapmu. Temukan kelebihanmu dan yakinlah pada dirimu sendiri.

Baca Juga: Menasehati Diri Sendiri Itu Perlu. Kenapa?

Perasaan insecure ditengah kebisingan sosial media saat ini memang terjadi terutama dalam platform seperti instagram, twitter, facebook, dan youtube. Banyaknya pengguna yang menyebarkan kehidupan pribadinya disosial media yang terlihat seakan indah dapat berdampak munculnya perasaan insecure. Ketika itu terjadi pakailah tips diatas.

loading...