Bahagia Ialah Bagaimana Kamu Mencintai Dirimu Sendiri

0
138
bahagia
Apa yang membuatmu merasa bahagia, sahabat pagi? Coba pikirkan kembali apa yang membuatmu merasa penting untuk mencintai kehidupan yang kamu miliki sekarang ini. Karena tahu nggak sih hal tersebut dapat meningkatkan kebahagiaan dan rasa percaya dirimu lho. Nggak percaya? Simak artikel lengkapnya.
  1. Pilihlah kebahagiaanmu

Seringkali kita menganggap kebahagiaan sebagai sesuatu yang terjadi kepada diri kita, bukan sesuatu kondisi yang kita pilih. Untuk mulai mencintai hidup kita, langkahnya diawali dengan membiasakan untuk selalu berpikir positif. Ingat, karena kamu tidak bisa mengubah apa yang terjadi pada hidupmu, tetapi kamu dapat mengubah cara bereaksi terhadapnya. Misalnya dengan membuat jurnal kebahagiaan untuk mencatat dan merenungkan apa yang harus kamu syukuri setiap harinya.

Baca juga: Menasehati Diri Sendiri Itu Perlu. Kenapa?

  1. Hiduplah di masa kini

Jangan tenggelam memikirkan masa lalu atau terlalu mengkhawatirkan masa depan yang belum terjadi, hiduplah untuk hari ini dan pastikan semua yang kamu lakukan itu bisa bermanfaat. Jika masih ada yang harus dibenahi, perbaikilah dan belajarlah dari kesalahan untuk menciptakan kehidupan yang kamu cintai dan bahagia.

  1. Jadilah sahabat untuk dirimu sendiri

Mulailah dari mencintai diri sendiri, karena terkadang ada suatu kondisi yang membuat kita memandang diri ini dengan negatif, terutama ketika hidup tidak berjalan seperti yang kita inginkan. Itu membuat kita akan jauh dari kata bahagia. Cobalah senantiasa berpikir positif dan mengingatkan diri ini tentang hal-hal baik dalam kehidupanmu, seperti apa kualitas, keberhasilan, prestasi yang telah kamu telah capai sejauh ini.

Baca juga: Berburu Jodoh di Tinder, Jangan Asal Swipe

  1. Ketahui batasanmu

Setiap orang perlu menghadapi tantangan baru dalam kehidupannya, namun tetap perhatikan batasan dirimu. Setiap orang memiliki batasan yang berbeda, karena jika mengambil diluar hal tersebut bisa saja akan menyebabkan stress dan cemas, tentu kamu nggak mau kan? Mulai sekarang belajarlah untuk mengatakan tidak jika kamu memang tak sanggup melakukannya, misalnya jika di lingkungan kerja kamu harus mendelegasikan tugas atau menolak hadir di undangan tertentu karena ada kepentingan yang lebih mendesak.

  1. Tantang dirimu sendiri

Jangan terlena berada di zona nyaman, lakukan apapun yang membuat diri ini merasa benar-benar hidup misalnya menyusun tantangan-tantangan fisik yang harus kamu lakukan, keinginan memecahkan rekor tertentu, mencapai tujuan jangka pendek dan panjang, intinya putuskan sesuatu yang ingin kamu capai dan rumuskan cara untuk mewujudkannya.

Baca juga: Mantan Udah Move On Duluan? Ga Usah Baper

  1. Hargai hal-hal kecil

Seringkali dalam menjalani hidup kita selalu menantikan hal besar berikutnya, namun melupakan hal kecil. Untuk benar-benar mencintai hidupmu, kamu harus mulai menghargai hal-hal kecil yang membuatmu bahagia setiap harinya. Buatlah daftar kegiatan sehari-hari yang dapat membuatmu bahagia seperti menyantap menu favorit di resto, mendengarkan musik musisi idola ataupun menonton bioskop film yang sedang hip! Pasti seru banget nih.

Yuk mulai cintai dirimu sendiri agar hidupmu lebih bermakna. Tentunya di awal tahun ini kalian harus membuat catatan kecil tentang resolusi kalian. Nggak mau kan hidupnya begitu-begitu saja. Kalian bisa memulai dari hal-hal kecil yakni diri kalian sendiri. Semoga bermanfaat ^^

loading...