Menasehati Diri Sendiri Itu Perlu. Kenapa?

0
158
menasehati
Menasehati diri sendiri suatu kegiatan yang masih jarang kita biasakan pada diri kita. Hayo, seberapa sering kamu duduk sendiri dan memikirkan ide tentang menasehati diri ini? Hal ini ternyata baik untuk kamu dan orang sekitarmu juga, lho. Ada beberapa keuntungan yang akan kamu dapat jika kamu mau berlatih menasehati diri sendiri.

1. Kamu lebih mudah menerima dan gak akan tersinggung

Saat memberi nasihat kepada diri sendiri kita akan menjadi lebih mudah menerima apapun bentuk nasihat itu. Meskipun berupa kritik yang sangat pedas. Kita juga gak akan tersinggung, karena toh diri kita sendiri juga yang mengkritik kan. Jadi, mau protes sama siapa?

2. Kamu jadi mengenal dirimu sendiri dengan lebih baik

Memberi nasihat kepada diri sendiri membuat kamu lebih mengenal dirimu. Pada hakikatnya manusia memang lebih suka melihat kelebihan yang dia miliki. Jadi, ketika memberi nasihat kita tentu lebih fokus kepada sisi negatif kita yang selama ini berusaha kita abaikan.

 

Baca juga: Tidak Membalas Email di Hari Libur Itu Baik

3. Melatih self-management dan self-control

Memberi kesempatan kepada diri kita untuk mengkritik apa yang kita lakukan, merupakan salah satu cara untuk melatih self-management dan self-control. Self-management dan self-control yang terlatih merupakan tanda bahwa kita cerdas secara emosi. Jadi, secara tidak langsung, saat kita memberi nasihat kepada diri sendiri, kita sedang mencerdaskan emosi yang ada dalam diri.

4. Kamu jadi bisa mengandalkan dirimu sendiri dalam segala situasi

Terkadang, kita memang tidak bisa begitu saja meminta nasihat kepada orang lain. Ada beberapa hal dalam hidup yang tidak seharusnya menjadi konsumsi pihak lain. Saat terbiasa meminta nasihat kepada diri sendiri, ketika berada pada situasi sulit, kita jadi bisa mengandalkan diri sendiri.

 

Baca juga: Pendidikan Atau Pengalaman Kerja. Penting Mana?

5. Bisa menambah rasa cinta pada diri sendiri juga lho

Meminta nasihat pada diri sendiri merupakan salah satu cara kita menghargai diri sendiri. Ketika saran atau nasihat yang kita berikan itu ternyata membawa hasil yang baik, tentu kita jadi lebih mencintai diri sendiri. Hanya orang-orang bahagia yang bisa mencintai diri mereka sendiri, lho. Kamu mau meraih kebahagiaan yang hakiki kan?

6. Kamu jadi lebih bijak saat memberi nasihat kepada orang lain

Sering memberi nasihat kepada diri sendiri, menjadikan kamu lebih bisa menempatkan diri dan mempertimbangkan berbagai macam hal saat dimintai nasihat oleh orang lain. Karena sudah tau konsekuensi dan pertimbangan yang harus diambil, kamu mampu memberikan nasihat bijak yang tidak merugikan orang tersebut.

 

Baca juga: Perayaan Tahun Baru di Magelang Bakal Ada Pesta Kembang Api

 

Nah, semoga bermanfaat dan bisa memberi masukan positif. Mulai kebiasaan memberikan nasihat kepada diri sendiri sejak sekarang ya, Sahabat Pagi! Yang sudah pernah mencoba, bisa banget nih share pengalamannya di kolom komentar!

loading...