Tradisi Unik Sambut Tahun Baru Islam di Indonesia

0
78
sumber : nu.or.id

Berbeda dengan kalender Masehi yang menggunakan matahari sebagai acuannya, kalender Hijriah menggunakan peredaran bulan sebagai acuan waktunya. Hari di kalender Hijriah diawali ketika matahari terbenam. Nah, meskipun tahun baru Islam 1440H dirayakan pada Selasa, 11 September esok, nyatanya beberapa tradisi akan digelar pada Senin malam. Selain pawai obor yang dilakukan tiap hari raya, ada juga loh tradisi unik lainnya.

  1. Tradisi Tabot di Bengkulu
sumber : bello.id

Di festival ini, masyarakat Bengkulu mengarak benda raksasa bernama Tabot. Festival ini sudah diadakan sejak tahun 1685, loh. Perayaan ini diciptakan oleh Syeh Burhanudin atau Imam Senggolo untuk mengenang cucu Nabi Muhammad SAW yang gugur di medan perang.

Baca juga : Music by Blanks, Styleswap Lagu ke Versi 80an

2. Tradisi Ngadulag di Sukabumi
sumber : nu.or.id

Di Sukabumi, masyarakat mengikuti lomba menabuh beduk dalam merayakan tahun baru islam. Biasanya dalam mengikuti lomba, ada tiga orang dalam satu tim. Satu orang penabuh beduk, satu orang menabuh kentongan dan yang lainnya memainkan alat tambahan.

3. Kirab Kebo Bule di Surakarta
sumber : maioloo.com

Pada malam satu Suro atau satu Muharram, kerbau albino milik keraton Surakarta akan dikirab bersama dengan pusaka – pusaka. Kerbau – kerbau yang dinamakan Kyai Slamet ini dianggap keramat oleh masyarakat Surakarta. Bahkan kotorannya pun dianggap memberikan berkah.

Baca juga : Dua Lipa dan BLACKPINK akan Berkolaborasi di Album Baru

4. Barikan di Pati
Di Pati, masyarakat akan berkumpul sambil membawa makanan dari rumah masing – masing. Setelah itu, mereka berdoa dan dilanjutkan dengan makan makanan yang sudah ditukarkan bersama – sama. Tadisi ini tidak hanya dirayakan di Pati, tapi juga di beberapa daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.
5. Tradisi Belanja Perabot Rumah Tangga di Makassar
sumber : merdeka.com

Di Makassar, orang akan berbondong – bondong membeli perabotan rumah tangga ketika bulan Muharram. Perabot yang dibeli biasanya adalah alat yang dipakai untuk menampung seperti gelas, mangkok, gayung dan lainnya. Dengan begitu, diharapkan berkah – berkah yang ada pada bulan Muharram akan bisa diperoleh.

Baca juga : Closing Ceremony Asian Games 2018 jadi Sorotan Dunia

Kalau di daerah kalian gimana? Yuk, tulis di kolom komentar!

loading...