Penyebab Website Lemot dan Cara Mengatasinya

0
58

Memiliki website untuk kebutuhan bisnis sekarang ini menjadi salah satu syarat utama agar bisa berkembang dengan cepat. Namun, Anda juga seharusnya bisa memperhatikan penyedia layanan hosting terbaik. Karena tidak sedikit penyebab website lemot berasal dari penyedia hosting.

Padahal produktivitas bisnis online sangat dipengaruhi oleh optimalnya kinerja website yang baik. Artinya website Anda memiliki kecepatan akses yang tinggi, user experience yang mudah, dan berbagai hal lainnya.

Nah, apa saja yang menyebabkan website lemot sulit diakses ini?

­Server Website Lemah

Hal ini menjadi salah satu bagian terpenting sebelum Anda menentukan hosting yang akan dibeli. Jangan sampai terlanjur membeli hosting yang punya server lemah. Karena selama minimal 1 tahun ke depan, Anda akan menggunakan server ini, apalagi kalau terlanjur membeli lebih dari 1 tahun.

Lemahnya server ini dipengaruhi oleh penggunaan spesifikasi hosting yang Anda beli. Terutama pada penggunaan RAM pada server yang rendah. Jadi, perhatikan spesifikasi server yang digunakan sebelum membeli.

Share Hosting yang Kecil dan Server Terlalu Full

Kemungkinan kedua ini bisa diibaratkan seperti lalu lintas penggunaan hosting. Jika jalur yang tersedia kecil, atau benar-benar padat akan menyebabkan website lambat bahkan tidak jarang menjadi penyebab website down. Jika website down, maka Anda tidak bisa mengaksesnya sama sekali.

Selain itu, dalam satu server juga digunakan untuk beberapa website lainnya. Jika ada website lain yang satu server dengan website Anda sedang banyak dikunjungi akan berpengaruh pada kecepatan server tersebut, termasuk website Anda.

Seperti website E-commerce, portal berita, atau website dinamis lainnya yang biasanya banyak pengunjung. Apalagi jika ada website portal berita yang sedang viral karena berita tertentu. Tentunya akan membuat lemot website lain dari server yang sama.

Cara mengatasi website lemot

karena kecilnya share hosting atau penuhnya trafik, caranya adalah dengan membeli hosting dengan kapasitas besar. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan website, apakah membutuhkan interaksi yang besar dengan para user atau tidak.

Semakin besar kemungkinan interaksi dengan para user, maka harusnya semakin besar pula pilihan kapasitas hosting yang Anda pilih.

Baca Juga: 5 Desain Grafis yang Bisa Dibuat di Canva untuk Pendidikan

Jarak Lokasi Server Hosting

Sama halnya ketika Anda bepergian dari satu tempat ke tempat lain. Semakin dekat jarak yang dituju, tentunya semakin cepat pula waktu perjalanan. Analogi ini sangat pas dengan dengan faktor kecepatan website.

Sekarang ini lokasi server dari developer website sangat beragam. Sudah banyak yang menyediakan server di Indonesia, sehingga akan mempercepat akses website. Dibandingkan dengan server dari negara lain yang lokasinya lebih jauh tentunya.

Bisa Juga Karena Koneksi Internet Sendiri

Ketika terganggu dengan kecepatan website Anda jangan buru-buru untuk menyalahkan developer terlebih dahulu. Coba periksa koneksi internet yang Anda gunakan, apakah memang normal atau sedang mengalami gangguan.

Jika memang koneksi internet yang menjadi masalah, maka Anda harus cepat-cepat komplain ke ISP yang digunakan. Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk juga memilih ISP yang benar-benar memiliki kualitas jaringan terbaik, dan layanan yang cepat.

ISP sangat berpengaruh besar pada produktivitas bisnis. Apalagi sekarang ini hampir semua kegiatan yang dilakukan berbasis internet. Mutlak kiranya bagi para pebisnis online untuk mendapatkan kualitas jaringan yang cepat dan stabil.

Penyebab website lemot

Ini sebagian besar dipengaruhi oleh layanan developer hosting yang Anda pilih. Sebelum memilih salah satu paket yang ditawarkan, harusnya Anda mengkonsultasikannya terlebih dahulu kebutuhan website yang akan digunakan. Jadi, Anda akan benar-benar mendapat layanan hosting terbaik.

DomaiNesia menyediakan hosting Indonesia dengan layanan 99.99% uptime server dibantu dengan tools wordpress accelerator sehingga membuat website Anda 10x lebih cepat dibandingkan website kompetitor Anda.

loading...