Alasan ilmiah kenapa olahraga rame-rame itu menyenangkan

0
39

Memang sih, kita semua suka olahraga karena lebih banyak manfaatnya daripada efek negatifnya seperti membership gym yang mahal, keringatan, harus bangun pagi, dan sebagainya. Ngaku deh, sering malas ke gym nggak? Nah, untuk selalu tetap termotivasi, ajaklah teman-teman kamu. Inilah alasan ilmiah kenapa olahraga rame-rame itu menyenangkan.

Biasanya, kalau dalam tim, per orangnya akan merasa perlu untuk bekerja lebih keras daripada berolahraga sendirian. Jadi, bisa dibilang, kamu akan merasa takut dibilang “paling lemah” saat lagi dalam tim. Nah, ini juga terjadi di olahraga. Para ahli psikologi menyebut efek ini adalah efek Kohler.

Dikutip dari The Cut, sebuah penelitian di tahun 2012, menemukan bahwa mereka yang lambat di tim renang sebuah universitas maupun tim lapangan olahraga universitas akan merasa termotivasi untuk menjadi yang terbaik daripada sebuah grup berisi atlet-atlet terkuat. Perbandingan sosial menjadi sumber motivasi terbaik untuk mereka yang lambat di tim olahraga tersebut.

Menurut ahli psikologi Norbert Kerr dari Universitas Michigan State, mereka yang berolahraga rame-rame biasanya ingin tetap seimbang dengan grup olahraga mereka; mereka tidak ingin terlambat di belakang. Tentu saja, ini merupakan efek Kohler.

Maka dari itu, kalau kamu nggak punya squad olahraga bareng, ajak saja teman-temanmu yang malas olahraga tapi punya keinginan untuk menjadi lebih sehat. Biasanya, kamu akan lebih kompetitif dan jadilah olahraga yang lebih baik. Wanna give it a try?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here