4 Menu Diet Turunkan Berat Badan

0
250
Menu diet

Menu diet terkadang bikin kita pusing. Selain itu, kita harus menyusun makanan dengan gizi seimbang dan disesuaikan oleh kebutuhan tubuh tiap harinya. Menu diet ini pastinya bukan untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan juga. Sahabat Pagi yang ingin mulai atur pola hidup sehat bisa mengikutinya.

Agar mendapatkan manfaat dan hasil yang nyata, makanan diet sehat harus mengandung nutrisi yang cukup untuk kebutuhan tubuh kita.

Menu diet sehat seringkali harus menghindari garam yang berlebihan. Sebenarnya, bukan saat diet penurunan berat badan juga. Saat Sahabat Pagi memutuskan untuk menjalani gaya hidup sehat, konsumsi garam berlebihan juga tak dianjurkan.

Baca Juga: Cegah Hipertensi dengan Konsumsi Garam Lososa

Menu diet serat harus disertai garam diet yang tepat, artinya garam yang digunakan memiliki kandungan sodium rendah. Dengan garam bersodium rendah, proses diet akan berjalan lancar. Maka tak heran jika dalam penyajian menu penurunan berat badan ini menggunakan garam yang tepat dan rendah sodium agar lebih aman.

Menu diet apa saja yang mudah dimasak dan konsumsi untuk diet penurunan berat badan?

Sup

Sup bisa menjadi menu yang mudah dan sederhana untuk dimasak, terutama sup sayuran dengan sedikit ayam atau daging, atau bisa juga makanan laut. Sayur yang Sahabat Pagi gunakan bisa apapun. Usahakan untuk memberi beragam warna sayur dalam sup yang dimasak. Contohnya wortel, kol, buncis, kacang polong dan masih banyak lainnya. Tak lupa untuk bubuhkan sering garam lososa agar lebih nikmat.

Baca Juga: Hidup Lebih Sehat Dengan Garam Lososa

Salad

Anda juga membuat beragam salad, baik salad sayur maupun salad buah. Untuk menu makan utama, lebih baik Anda konsumsi salad sayur dengan dada ayam panggang tanpa lemak. Pilih sayuran segar dan mudah ditemukan seperti selada hijau, lettuce, dan tomat.

Tak butuh banyak bahan untuk membuatnya. Anda hanya butuh minyak zaitun, sedikit lada, dan sejumput garam diet Lososa untuk membuatnya.

Bagi Anda pecinta salad buah, ada baiknya tidak berlebihan saat menggunakan mayones atau kental manisdalam membuat. Lebih baik gunakan sedikit madu saja. Contohnya, campur potongan buah segar seperti anggur, nanas, semangka, dan stoberi dalam satu wadah. Beri 1-2 sdm madu, aduk, dan tambahkan beberapa lembar daun mint. Dinginkan di kulkas 30 menit hingga satu jam sebelum dikonsumsi.  Pastikan memilih buah dari yang manis hingga asam agar salad buah terasa lebih nikmat.

Oatmeal

Oatmeal dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Oatmeal yang terbuat dari gandum ini dapat membuat perut Sahabat Pagi terasa lebih kenyang namun penuh nutrisi, terutama gandum utuh.

Namun, perlu diketahui konsumsi oatmeal dengan topping berlemak dan manis tidak dapat membantu penurunan berat badan.

Jika Sahabat Pagi bukan tipe orang yang ribet untuk memasak di pagi hari, overnight oatmeal bisa menjadi pilihan. Oatmeal yang direndam semalaman dengan susu skim atau rendah lemak dan buah serta kacang-kacangan ini dapat dijadikan menu sarapan praktis, kenyang dan penuh nutrisi.

Yoghurt

Siapa bilang yoghurt tak bisa untuk menu diet. Namun, perlu diperhatikan memang tak semua yoghurt dapat dikonsumsi secara sembarangan saat program penurunan berat badan. Yoghurt yang dapat Anda konsumsi yakni plain yogurt, non-diary yogurt (berbahan dasar kelapa atau kedelai), yoghurt rendah lemak, serta greek yoghurt. Jenis yoghurt tersebut diyakini dapat menurunkan berat badan.

Namun, kembali lagi untuk tidak konsumsi secara berlebihan dan pemilhan topping manis. Anda bisa menggunakan buah sebagai topping saat mengkonsumsinya.

Bagaimana Sahabat Pagi, siap memulai diet penurunan berat badan?

loading...