Asuh Anak Secara Optimal Setelah Perceraian

0
84
perceraian

Perceraian orang tua dapat membawa beberapa dampak negatif bagi anak. Sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan pola asuh yang sesuai bagi perkembangan anak setelah adanya perceraian.

Semakin meningkatnya angka perceraian di Indonesia dari tahun ke tahun, tentu akan menimbulkan dampak pada psikologis anak. Anak sering kali menjadi korban perceraian kedua orang tuanya.

Keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam tumbuh kembang anak. Maka, apabila seorang anak hidup dalam keluarga yang tidak harmonis, perasaan tidak aman, tidak diperhatikan, dan kurangnya kasih sayang yang dia dapatkan, akan membuat dirinya menjadi pribadi yang tidak baik di tengah masyarakat.

Jika Anda atau orang terdekat Anda mengalami perceraian, hingga akhirnya hidup di dua rumah yang terpisah dan sama-sama menjadi orang tua tunggal bagi sang anak. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar tumbuh kembang dan psikologis anak dapat terjaga dengan baik.

Pertama, komunikasi antar kedua orang tua harus tetap terjaga dengan baik dan terbuka jika ada sesuatu yang berkaitan dengan sang anak. Membicarakan keburukan atau saling menyalahkan mantan pasangan Anda di depan anak, merupakan hal yang tidak pantas Anda lakukan.

Karena di dalam pikiran anak Anda, ayah dan ibunya adalah pahlawan dan panutan hidupnya. Maka, saling bekerja sama dalam mengontrol diri ketika berkomunikasi dapat menjadi solusi yang tepat ketika ada permasalahan yang muncul dengan sang anak.

Bicarakan dengan mantan pasangan Anda mengenai rutinitas harian yang sering dilakukan di rumah. Seperti kebiasaan rutin di pagi hari, rutinitas belajar dan bermain di rumah.

Selain menjaga komunikasi antar kedua orang tua, hal penting lainnya adalah sediakan ruang tersendiri yang dapat digunakan sang anak ketika dia berada di kedua rumah. Memberikan ruang tersendiri ini dapat memberikan kenyamanan dan mengurangi kekhawatiran pada diri anak.

Sekolah pun juga dapat menjadi lingkungan yang dapat mempengaruhi psikologis anak ketika kedua orang tuanya bercerai. Sebab, percakapan mengenai perceraian di lingkungan sekolah dapat membuat anak merasa tidak nyaman dan dikucilkan oleh teman-teman sebayanya.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat meminta bantuan pihak sekolah untuk memberikan informasi secara regular mengenai bagaimana anak Anda berinteraksi dengan lingkungannya di sekolah. Sehingga suasana yang positif dapat tetap terjaga di lingkungan sekolahnya.

Itulah beberapa tips mengasuh anak yang dapat dilakukan agar anak Anda tumbuh menjadi pribadi yang baik dan sayang pada kedua orang tuanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.