Ban Tubeless, wajib tahu Kelebihan dan kelemahannya

0
58
ban-tubeless

Ban Tubeless, wajib tahu Kelebihan dan kelemahannya – Istilah ban tubeless atau dalam bahasa indonesia diartikan tanpa tabung atau ban dalam mungkin sudah umum ditengah masyarakat. Karena memang pada beberapa produk sepeda motor tahun produksi baru banyak yang sudah menggunakan tipe ban tubeless. Banyak pula yang mengatakan jika ban tubeless lebih nyaman digunakan dibandingkan dengan tipe ban tubetype. Namun, hal tersebut tak menutup kemungkinan tipe ban tubeless tidak memiliki kelemahan. Lalu, apa kelebihan dan kelemahan ban tubeless? Berikut penjelasannya.

Ban Tubeless, Kelebihan dan kelemahannya.

Profil ban (bentuk fisik)

ban-tubeless
Source :
https://google.co.id/

Berbeda dengan tipe ban tubetype yang cenderung berbentuk sedikit kotak sehingga sulit ketika bermanuver di kecepatan tinggi. Ban tubeless lebih cenderung berbentuk bulat sehingga mempermudah saat bermanuver dalam kecepatan tinggi. Oleh karena itu ban tubeless lebih sering digunakan pada sepeda motor sport atau sepeda motor dengan kapasitas mesin yang besar supaya lebih stabil dan mendukung performa sepeda motor.

Anti bocor

ban-tubeless
Source :
https://google.co.id/

Pada dasarnya ban tubeless tidak anti bocor, namun yang dimaksud adalah ketika ban tubeless terkena paku di jalan lebih baik tidak langsung mencabut paku tersebut karena ban tubeless tidak akan langsung kempes. Oleh sebab itu banyak yang mengatakan jika ban tubeless anti bocor. Dan pastinya berbeda dengan ban tipe Tubetype yang mana akan langsung kempes saat terkena paku.

Ketahanan (durasi)

Ban tubeless pada umumnya terbuat dari kompon lebih lunak sehingga waktu pemakaian dari ban tubeless lebih pendek dibandingkan dengan ban Tubetype. Ban tubeless biasanya mampu bertahan hanya 1.5 tahun sedangkan ban Tubetype mampu bertahan hingga 2 tahun.

Harga

Dari segi harga tentu harga dari ban tubeless lebih mahal dibandingkan dengan ban Tubetype. Hal ini dikarenakan dari bahan dan kemampuannya dalam bermanuver.

Itulah kelebihan dan kelemahan ban tubeless. Pilih dan gunakan tipe ban sesuai dengan kebutuhan dan jenis sepeda motor untuk memaksimalkan fungsi dan performa pada sepeda motor. Selain ban, penggunaan sparepart pada sepeda motor juga berpengaruh besar pada performa sepeda motor. Oleh karena itu gunakan spareparts berkualitas seperti produk dari Baransu. Tersedia juga pemesanan via online atau menghubungi langsung kontak WA dan LINE resmi Baransu.

Baca juga artikel inspiratif lainnya:

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.