Cara membedakan Ban Tubeless dan Ban Tubetype

0
140
Cara membedakan Ban Tubeless

Cara membedakan Ban Tubeless dan Ban Tubetype – Mungkin orang yang awam dalam dunia otomotif akan bingung untuk membedakan dua jenis ban Tubeless dan ban Tubetype. Untuk itu perlu diketahui perbedaan dari kedua tipe ban ini karena apabila salah beli atau salah pasang dapat membuat kenyamanan saat berkendara menjadi terganggu atau bisa juga tidak dapat digunakan. Ada 3 cara mudah untuk membedakan antara ban Tubeless dan ban Tubetype. Berikut Cara membedakan Ban Tubeless dan Ban Tubetype.

3 Cara mudah untuk membedakan antara ban Tubeless dan ban Tubetype

Perhatikan tulisan pada kedua sisi ban (Tubeless / TubeType)

ban tubeless
Source :
https://bacabrosur.blogspot.com/

Cara pertama adalah melihat tulisan yang tertera pada kedua sisi ban. Jika terdapat tulisan Tubeless, maka ban tersebut adalah tipe ban Tubeless atau tanpa ban dalam.

Sedangkan jika sisi ban tertulis Tubetype, maka tipe ban tersebut adalah tipe ban yang menggunakan ban dalam untuk penggunaannya.

Bentuk pemasangan katup udara yang digunakan (Pentil ban)

ban tubeless
Source :
https://bacabrosur.blogspot.com/

Dari bentuk katup udara atau biasa disebut pentil ban yang digunakan juga dapat diketahui tipe ban tersebut. pada ban tubeless, katup udara yang digunakan pada umumnya tidak menggunakan mur pengunci yang mana berbeda dengan ban tipe Tubetype yang menggunakan mur pengunci pada katup udaranya. Hal ini dikarenakan katup udara yang berasal dari ban dalam harus dikunci rapat pada velg motor ketika dipasang.

Jenis velg yang digunakan

ban tubeless
Velg Jari-jari (kiri) & Velg CW (kanan)
Source :
https://google.co.id/

Cara terakhir juga terbilang mudah karena dengan melihat jenis velg yang digunakan akan dapat terlihat tipe ban apa yang sedang digunakan. Untuk ban Tubeless pada umumnya menggunakan velg Tipe CW (Cast Wheel) karena tidak adanya rongga udara karena tipa ban tubeless tidak menggunakan ban dalam. Sedangkan ban Tubetype pada umumnya menggunakan tipe velg kaleng atau velg yang memiliki ruas jari-jari. Namun, hal ini juga tidak menutup kemungkinan jika ban Tubetype tidak menggunakan velg jenis CW.

Itulah 3 cara mudah membedakan dua tipe ban tubeless dan tubetype. Selain memperhatikan penggunaan jenis ban, perhatikan pula penggunaan spareparts pada sepeda motor. Selalu gunakan spareparts berkualitas seperti produk Baransu untuk menunjang performa pada sepeda motor anda. Pemesanan produk Baransu dapat melalui online atau menghubungi kontak WA dan LINE resmi Baransu.

Baca juga artikel inspiratif lainnya:

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.