Cara Merawat Rantai Motor Jadi Lebih Awet

0
71
cara merawat rantai motor jadi lebih awet

Cara merawat rantai motor jadi lebih awet – Hampir setiap orang punya kendaraan pribadi terutama sepeda motor. Sepeda motor menjadi transportasi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari seperti berangkat kerja, berangkat kuliah atau mengirim barang.

Namun, terlalu seringnya penggunaan sepeda motor serta kurangnya perawatan juga akan mempengaruhi performa pada sepeda motor. Dan tidak menutup kemungkinan dapat mengakibatkan kerusakan pada sepeda motor terutama pada rantai motor. Menjaga agar rantai motor tetap awet sangatlah penting karena bagian ini merupakan bagian penting pada sepeda motor agar bisa kita kendarai. Lalu bagaimana cara merawat rantai motor jadi lebih awet? Berikut informasinya!

Cara merawat rantai motor jadi lebih awet

Cek rantai motor secara rutin

Cek kondisi rantai motor apakah sudah kendor atau masih kencang. Jika rantai motor kendor segera kencangkan supaya tidak mengurangi performa sepeda motor. Banyak orang menyepelekan hal satu ini padahal jika rantai motor kita tidak dicek secara rutin maka dapat membuat usia rantai motor menjadi tidak awet dan dapat mengakibatkan kerusakan.

Bersihkan rantai motor secara berkala

Bersihkan rantai motor dengan cara disikat menggunakan sikat khusus rantai motor atau menggunakan sikat gigi bekas. Sikat dan bersihkan rantai motor dari debu, pasir dan kotoran yang menempel pada rantai motor supaya rantai motor awet, tidak mudah berkarat dan lebih enak untuk dipandang.

Gunakan pelumas rantai

 

cara merawat rantai motor jadi lebih awet

Setelah rantai motor dibersihkan, berikan pelumas pada rantai motor menggunakan pelumas khusus rantai motor agar lebih awet dan terlindung dari karat. Jangan gunakan oli bekas untuk melumasi rantai motor karena dapat mengundang kotoran menempel pada rantai motor.

Gunakan rantai dan gear berkualitas

 

cara merawat rantai motor jadi lebih awet

Usia pemakaian rantai dan gear motor juga dipengaruhi oleh kualitas sparepart itu sendiri. Maka selalu gunakan rantai dan gear motor yang berkualitas tinggi supaya lebih awet. Salah satu sparepart berkualitas dengan harga terjangkau bisa anda dapatkan di Baransu.

Itulah beberapa cara merawat rantai sepeda motor agar lebih awet dan tidak berkarat. Jangan malas melakukan perawatan pada kendaraan pribadi anda supaya tidak menghambat aktivitas ketika terjadi kerusakan sewaktu – waktu.

Baca juga artikel inspiratif lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here