Choke pada Motor, Apa Fungsinya?

0
13
choke pada motor
Source : https://google.co.id/

Choke pada Motor, apa Fungsinya? – Setiap pagi sebelum melakukan aktivitas menggunakan sepeda motor, umumnya kita melakukan ‘ritual’ yaitu memanaskan mesin. Memanaskan mesin di pagi hari sebelum berkendara sudah seperti ‘ritual’ wajib bagi pemilik kendaraan bermotor. Namun, pada pagi hari pasti suhu udara dingin serta mengakibatkan proses pencampuran bahan bakar dan udara menjadi kurang optimal. Oleh sebab itu, produsen motor memberikan solusi untuk masalah tersebut yaitu dengan fitur Choke. Bagi pemilik motor dengan sistem karburator dalam proses pembakarannya tentu tak asing dengan fitur ini. Lalu, apa sebenarnya fungsi dari tuas Choke ini? Berikut penjelasannya.

Choke pada motor, Berikut fungsinya!

Choke pada sepeda motor berfungsi untuk membantu memberikan suplai bahan bakar. Karena pada sistem karburator, biasanya hanya mengandalkan daya hisap pada mesin untuk dapat menarik bahan bakar.

choke pada motor
Source :
https://google.co.id/

Cara kerja

Pada pagi hari umumnya karburator tidak bekerja maksimal karena suhu udara yang dingin, hal tersebut mengakibatkan pengisian bahan bakar pada ruang bakar menjadi lebih lama. Dan pada saat itulah fungsi Choke digunakan untuk menutup lubang udara sehingga dapat membantu menghisap lebih banyak bahan bakar dibandingkan udara yang masuk.

choke pada motor
Source :
https://google.co.id/

Proses singkatnya, gunakan Choke pada motor agar bahan bakar dapat mengguyur ruang bakar, dan hasilnya mesin dapat bekerja lebih awal. Oleh karena itu pada saat mesin sepeda motor dipanaskan pada pagi hari sangat penting untuk mengaktifkan fungsi Choke terlebih dahulu supaya dapat memancing mesin motor bekerja dengan maksimal.

Selain digunakan untuk membantu memanaskan mesin motor dipagi hari, choke juga dapat digunakan untuk membantu menyalakan mesin sepeda motor yang mogok. Karena fungsinya yang membantu memompa bahan bakar masuk lebih banyak oleh karena itu choke juga dapat membantu menyalakan mesin sepeda motor yang mogok.

Itulah fungsi dari Choke pada sepeda motor. Selain memanaskan mesin agar dapat bekerja maksimal, penggunaan spareparts motor berkualitas juga menunjang performa pada sepeda motor. Oleh karena itu selalu gunakan spareparts motor berkualitas seperi produk dari Baransu. Anda bisa memilih dan membeli suku cadang yang anda butuhkan pada website Baransuparts.com. anda juga dapat menghubungi kontak WA dan Line resmi Baransu apabila ada pertanyaan mengenai produk Baransu. Tunggu apalagi? Cek Baransuparts.com sekarang juga!

Baca juga artikel inspiratif lainnya: