Tetap Semangat Walau Surabaya Panas

0
102

Surabaya, sebuah kota besar di Jawa Timur terkenal akan cuacanya yang panas. Banyak meme yang bersliweran di sosial media yang membahas tentang cuaca panas Surabaya, dahsyatnya matahari di kota ini. Kira-kira ada cara ampuh nggak ya buat menghadapi sengatan matahari Surabaya?

Walaupun Surabaya terkenal dengan cuacanya yang sangat panas, tidak berarti segala aktivitas outdoor harus berhenti. Panasnya matahari Surabaya memang sering membuat orang-orangnya mengeluh sambil ngiyup di bawah pohon atau ngadem di Mall. Namun, sudah seharusnya, semangat orang Surabaya harus berkobar seperti terik matahari Surabaya.

Mungkin ada beberapa orang yang sudah berniat dan memiliki motivasi setinggi Gunung Semeru, namun tetap saja menjadi nyunyut ketika berhadapan langsung dengan cuaca panas Surabaya.

Maka dari itu, disini ada beberapa tips untuk orang-orang Surabaya agar tetap fokus dan fit walaupun matahari sedang terik-teriknya.

Stay Hydrated

Jaga kondisi badan dengan minum cairan yang cukup. Cuaca yang panas tentu membuat tubuh kita menjadi lebih mudah berkeringat. Kurangnya asupan cairan akan mengakibatkan tubuh lemas hingga pusing. Untuk menghindari dehidrasi, ada perlunya untuk sering-sering minum tanpa harus menunggu haus. Misalnya saja, minggir dulu saat berkendara saat melihat bakul es tebu, kemudian minggir lagi saat melihat bakul cincau, lalu minggir lagi saat melihat bakul es goder, terusno ae sampe kembung.

Lindungi Kulitmu

Paling males itu saat harus berkendara roda dua keluar rumah saat sedang panas-panasnya. Untuk menjaga agar kulitmu tetep sehat, kita perlu memperhatikan kesehatan kulit kita. Paparan sinar matahari yang terlau panas memberikan dampak negatif bagi kulit kita, maka dari itu sangat diperlukan untuk mengoleskan tabir surya dengan SPF tinggi di bagian kulit-kulit yang terlihat.

Selain tabir surya, kalian juga bisa mengenakan jaket, kacamata, sarung tangan, masker, kaus kaki, dan sepatu. Pokoknya barang-barang tersebut merupakan sebuah pakaian wajib agar kulit tetap terlindungi.

Atur Gaya Berpakaian

Walaupun kostum berkendara roda dua terdengar ribet, namun sesungguhnya gunakan lah pakaian yang sederhana di dalamnya. Saat cuaca sedang panas-panasnya, lebih baik gunakan pakaian berwarna putih, cepat menyerap keringat, longgar, dan berbahan tipis. Tidak perlu berpakaian yang berlapis-lapis agar tampil setil di saat suasana panas.

Perhatikan Asupan Makanan

Saat cuaca di Surabaya sedang panase kentang-kentang, perbanyaklah makan buah dan sayuran. Karena buah dan sayuran mengandung banyak air ketimbang makanan berprotein hewani seperti daging, sosis, dan lain-lain.

Sebenarnya masih banyak cara-cara bertahan hidup di kota Surabaya dengan cuaca panas soro ini. Misalnya, ngadem di kulkas, boci di siang hari, ngemut es batu, komkom di Rolak, dan lain-lain. Namun, sawangane empat cara yang di atas terdengar lebih logis, aman, dan teruji keampuhannya. Demikian, Surabaya is hot, but remember that you are the hottest one! 😎

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here