Fungsi dan macam Klakson listrik pada sepeda motor

0
149
Penyebab suara klakson lemah

Fungsi dan macam Klakson listrik pada sepeda motor – Setiap sepeda motor pasti sudah dilengkapi dengan klakson. Mengingat klakson ini merupakan bagian yang cukup penting bagi pengendara karena digunakan untuk memberi isyarat suara pada pengendara lain pada saat berkendara di jalan.

Suara dari klakson dihasilkan dari adanya getaran. Klakson harus berbunyi dengan keras supaya pengendara lain dapat mendengar isyarat suara tersebut. maka, ada aturan mengenai tingkat suara klakson. Klakson harus memiliki frekuensi getaran antara 1800 sampai 3550 Hz. Terdapat 2 jenis klakson listrik pada sepeda motor yakni klakson dengan arus listrik AC dan DC. Berikut penjelasannya.

Klakson listrik arus bolak-balik (AC)

Klakson listrik menggunakan magnet listrik yang dapat menghasilkan suara yaitu dengan cara kutub-kutub pada magnet bergantian dari utara menjadi selatan dan sebaliknya. Ini diakibatkan oleh perubahan frekuensi listrik (arus bolak-balik). Dengan adanya getaran secara terus menerus akan nantinya akan menghasilkan suara yang cukup keras.

 

Fungsi Klakson 4

Klakson AC biasanya digunakan pada kendaraan-kendaraan kecil seperti sepeda motor karena pembangkit listrik klakson tipe ini menggunakan dinamo listrik. Tetapi, kelemahan dari klakson AC ini adalah jika putaran mesin turun maka frekuensi getaran klakson juga akan turun.

Klakson listrik searah (DC)

Berbeda dengan klakson AC, Klakson DC tidak terjadi perubahan frekuensi karena arus klakson DC adalah searah. Oleh sebab itu pada klakson DC untuk menghasilkan getaran pada membran diperlukan kontak pemutus.

 

Fungsi Klakson 3

Jika dilihat dari gambar diatas, bila kontak pemutus (no.3) tertutup maka arus listrik mengalir ke magnet listrik (no.1), sehingga plunger dan membran tertarik ke arah magnet listirk. Ketika plunger tertarik maka kontak pemutur akan ikut membuka sehingga gaya magnet menghilang. Ketika gaya magnet menghilang maka plunger dan membran akan kembali dan kontak pemutus akan terhubung kembali. Hal tersebut akan terjadi secara terus meerus sehingga menghasilkan getaran dan bunyi. Ada dua macam klakson listrik DC, klakson DC model piringan dan model Siput.

Fungsi Klakson 1 Fungsi Klakson 2

Itulah penjelasan dari kedua jenis klakson listrik pada motor. Jika anda ingin membeli klakson berkualitas, anda bisa membeli klakson produk dari Baransu dengan melakukan pemesanan online atau langsung menghubungi kontak WA atau LINE resmi milik Baransu.

Baca juga artikel inspiratif lainnya:

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.