Ibu Hamil & Menyusui, Jangan Terlalu Sering Minum Teh Ya

0
145

Teh seringkali dielu-elukan sebagai minuman sehat dan alternatif pengganti kopi. Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam teh memang dibutuhkan oleh manusia. Namun siapa sangka, jika teh yang penuh manfaat itu kurang baik jika terlalu sering dikonsumsi oleh Ibu hamil dan ibu menyusui. Padahal, kondisi Ibu hamil yang sering mual dan muntah di trimester pertama membuatnya butuh bantuan teh hangat untuk menenangkan perut. Ibu menyusui juga kadang membutuhkannya karena teh dapat meningkatkan nafsu makan yang membantu keluarnya ASI (Air Susu Ibu).

Berdasarkan beberapa penelitian, meminum teh terlalu banyak bagi Ibu hamil dan Ibu menyesui memunculkan beberapa risiko lho. Berikut ini ulasan yang sudah Inspirasi Pagi siapkan :

  1. Memicu Kelahiran Prematur
    Mengherankan memang efek samping teh yang satu ini. Namun memang benar, mengkonsumsi teh berlebihan dapat memicu peregangan dan kontraksi rahim. Sehingga hal tersebut dapat membuat bayi lahir lebih dini daripada seharusnya. Hal ini dikarenakan teh juga memiliki kadaf kafein, dan kadar kafein tersebut yang memicu kontraksi. Selain berbahaya bagi janin, kelahiran prematur juga berbahaya bagi sang Ibu lho.
  2. Menghambat Penyerapan Nutrisi
    Mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein dan polifenol secara berlebihan dapat mengganggu kesehatan lho. Dan teh juga memiliki kedua kandungan diatas. Sebab kedua zat diatas jika berada di dalam tubuh dengan jumlah banyak akan menghambat penyerapan nutrisi penting termasuk zat besi. Jangan sampai putra & putri atau calon bayi anda kekurangan asupan zat besi hanya karena kegemaran anda pada teh!
  3. Menurunkan Kualitas ASI
    Ternyata, mengkonsumsi teh setiap hari dapat mengubah rasa ASI menjadi hambar. Kadar kafein dalam teh dapat mempengaruhi aroma dan rasa ASI, konon katanya hal tersebut dapat menyebabkan bayi menolak disusui. Walaupun tak semua bayi melakukan hal yang sama, bukankah lebih baik mencegahnya sebelum benar-benar terjadi ?

Walaupun teh memang memiliki banyak khasiat, mengkonsumsinya secara berlebihan justru tak baik bagi kesehatan, terutama jika anda seorang ibu hamil dan ibu yang sedang menyusui. So take your tea wisely!

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.