Indonesia Juara Piala AFF U-22 2019

0
183
indonesia juara aff u-22 2019

Indonesia menjuarai piala AFF U-22 2019 setelah mengalahkan Thailand dengan skor 2-1. Laga final berlangsung pada Selasa 26 Februari 2019 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja. Tim nasional Indonesia U-22 besutan Indra Sjafri berhasil mengalahkan juara bertahan tim nasional Thailand.

Baca juga: Ayo Diet Sehat Sekarang!

Perlawanan Sengit

Pada menit-menit pertama permainan lempeng. Tim nasional Indonesia maupun Thailand sama-sama bermain imbang. Tak disangka, Saringkan Promsupa kapten tim nasional Thailand, lewat tendangan bebas, mampu menjebol gawang Awan Setho pada menit ke-57. Syukurlah, tim nasional Indonesia dapat menyamakan kedudukan dua menit setelahnya. Tendangan keras dari Sani Rizki membentur kepala Marco Ballini dan membuahkan gol untuk tim nasional Indonesia. Skor imbang.

Persamaan skor membuat tim nasional Indonesia semakin semangat untuk menjuarai piala AFF U-22 2019. Permainan berjalan dengan penuh gairah. Hingga pada menit ke-63, pertahanan gawang berhasil dijebol dengan sundulan dari Osvaldo Haay dari tendangan bebas dari sisi kiri pertahanan tim nasional Thailand. Skor unggul 2-1 dapat dipertahankan tim nasional Indonesia U-22 hingga akhir laga. Berakhirnya ronde kedua dengan skor 2-1, Indonesia resmi juarai piala AFF U-22 2019.

Tentang Piala AFF U-22 2019

Piala AFF (ASEAN Football Federation) adalah ajang kejuaraan federasi sepak bola internasional antar negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Piala AFF dilaksanakan dua tahun sekali. Ajang kejuaraan ini sempat mandek pada tahun 2006 hingga 2018. Pertama kali lahir pada tahun 1996 dengan nama “Piala Tiger”, karena pada saat itu sponsor utama ajang tersebut adalah produsen bir bermerk Tiger dari negara Singapura.  

Baca juga: Surabaya Health Season (SHS)

Piala AFF menjadi kompetisi sepak bola tertinggi untuk level ASEAN. SEA GAMES sudah tidak menjadi tolak ukur utama. Selain itu, tingkat yang lebih tinggi yaitu Piala Asia. Secara tidak langsung, melalui kejuaraan sepak bola dapat berimplikasi untuk meningkatkan citra negara.

Indonesia berhasil menjuarai piala AFF U-22 2019. Menariknya, tim nasional Indonesia U-22 menjadi tim pertama dan tim terakhir yang berhasil menjebol gawang pertahanan tim nasional Thailand di Piala AFF U-22 2019. Selama laga berlangsung, gawang pertahanan tim nasional Thailand tidak pernah dibobol oleh tim nasional negara lainnya. Indonesia berhasil menjuarai piala AFF U-22 2019 dan berhasil menaklukkan Thailand sebagai juara bertahan sejak tahun 2005.

Baca juga: Gili Iyang, Icon Wisata Kesehatan Sumenep

loading...