Inilah Tanda-Tanda Kalau Kamu Kebanyakan Olahraga

0
43

Memang sih, olahraga itu bagus buat kamu. Tapi, kebanyakan hal yang bagus juga nggak bagus loh. Mungkin ada beberapa dari kita yang tidak tahu ritme olahraga yang pas untuk kita dan pas olahraga, kita langsung mendorong kemampuan kita sampai ke batas maksimum. Waduh, kalau jadi kayak gini bisa malah bahaya buat kamu. Inilah tanda-tanda kalau kamu kebanyakan olahraga!

Sumber : lululemon

Yang perlu kamu ketahui adalah olahraga yang bagus harusnya ada waktu recovery. Nah, waktu recovery ini adalah waktu istirahat diantara sesi olahraga. Kalau kamu tidak ada waktu recovery, tak peduli kamu olahraga sebanyak apapun, hasilnya nggak bakalan kelihatan.

Kalau kamu adalah pemula dalam olahraga, kamu bisa mengatur olahragamu tiga sesi seminggu dari tiga puluh menit, yang berarti bisa kamu lakukan hingga sampai lima hari seminggu kalau level kamu meningkat (benar, olahraga itu ada tingkatannya loh). Kalau kamu melakukan olahraga berintensitas tinggi, jangan lakukan hingga tiga kali seminggu, loh!

Nah, berikut ini adalah tanda-tanda kalau kamu terlalu banyak melakukan olahraga :

  1. Kamu malah merasa lelah daripada merasa bereneregi, inilah tanda kalau otot kamu butuh istirahat.
  2. Kalau kamu malah sakit dan malah ada salah urat, ini saatnya untuk istirahat. Kalau sehat, pasti sistem imun mereka tinggi. Nah, kalau kamu sakit, berarti saatnya untuk meninggalkan olahragamu sejenak.
  3. Kalau kamu kebanyakan olahraga, kamu malah gampang stres dan itu berdampak pada hal-hal yang akan kamu hadapi tiap harinya.
  4. Ingat : kamu olahraga tiap hari, bukannya training untuk suatu acara olahraga. Kamu bukan atlet, loh. Kamu olahraga untuk kesehatanmu sendiri.
  5. Kalau kamu nggak bisa tidur, berarti kortisol kamu tinggi dan akan menyebabkan insomnia. Kortisol tinggi ini bisa disebabkan karena olahraga kamu terlalu berat.

Nah, sudah, istirahatlah. Pastikan istirahat dan olahraga kamu seimbang, ya. Listen to your body! 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here