Bank Indonesia Bantu UKM Kembangkan Bisnis Melalui ISEF 2018

0
266
isef 2018

Indonesia Shari’a Economic Festival (ISEF) adalah salah satu event ekonomi  dan keuangan terbesar di Indonesia diprakarsai oleh Bank Indonesia. Dengan tema “Strenghtening National Economic Growrth: the Creation of halal Value Chains and Innovative Vehicle”, ISEF 2018 dapat membantu UKM mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah dalam memperkuat pertumbuhan ekonomi nasional maupun internasional.

Baca Juga : Rekomendasi Film Akhir Tahun Nikmati Bersama Keluarga

Bisnis Syariah berbeda dengan bisnis konvensional, yakni berlandaskan hukum Islam yang dibatasi oleh cara mendapat keuntungan dan pengembangan. UKM binaan terpilih berhak bergabung dan mendapatkan edukasi cara pengelolaan bisnis dan mendapat undangan pameran bisnis yang diselenggarakan BI. Ditambah lagi, UKM yang bergabung akan dibantu memasarkan produknya sesuai pasar yang dituju.

Terdapat 3 (tiga) UKM yang berhasil tim Inspirasi Pagi temui. Mereka adalah UKM Binaan BI Gorontalo, DuCrija UKM Binaan BI Solo, dan Sweet Sundae Ice Cream UKM Binaan BI Yogyakarta.

Baca Juga : Tidak Membalas Email di Hari Libur Itu Baik

Pada booth UKM binaan BI Gorontalo, terdapat beragam produk khas Gorontalo dipamerkan seperti baju kain Karo, tas Enceng Gondok dan keripik jagung. Ketiga barang tersebut merupakan gabungan beberapa UKM binaan BI Gorontalo yang lolos seleksi dan diundang dalam ISEF 2018.

Sedangkan booth DuCrija fokus pada snack jamur berbagai rasa. Awal mula Anik Purwati sebagai pemilik DuCrija ini mengikuti penyuluhan dari BI tentang Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Sragen. Kemudian memilih jamur sebagai produk yang ia hasilkan.

Booth ketiga adalah Sweet Sundae Ice cream, UKM binaan BI Yogjakarta ini fokus pada produk susu dan olahannya seperti gelato. Booth ini juga mengusung free plastic menggunakan Telo Bag sebagai penganti kantong plastik. Telo Bag berasal dari akar ketela yang diperoleh dari sisa pencabutan panen ketela.  Selain itu, Telo Bag tidak mengandung racun jika termakan oleh hewan dan mudah terurai.

Baca Juga : Fakta Yang Harus Kamu Tahu Tentang Hotelier

Kegiatan ISEF 2018 ini berlangsung pada 11-15 Desember 2018 di Grand City Convention Hall & Exibition Center Surabaya. Kegiatan ISEF 2018 mencakup Sharia Economic Forum dan Sharia Fair. Sharia Economic Forum terdiri dari beberapa kegiatan forum diskusi ekonomi syariah tingkat nasional maupun international sedangkan Sharia Fair terdiri dari kegiatan Expo UMKM, talkshow dan showcase pengembangan ekonomi syariah. Puncak acara ISEF 2018 ditutup apik oleh Fatin Shidqia dan Fitri Tropika.

loading...