Fakta Yang Harus Kamu Tahu Tentang Hotelier

    0
    151
    hotelier
    Hotelier atau pekerja yang bekerja di industri perhotelan memiliki beberapa fakta yang harus kalian tahu. Seorang hotelier sangat identik dengan penampilan rapi dan menarik karena pekerjaannya berhubungan langsung dengan customer service. Meski demikian, ternyata masih juga banyak orang yang beranggapan bahwa para pekerja di industri perhotelan tak jauh berbeda dengan para pelayan/pembantu di rumah. Benarkah demikian? Simak fakta-fakta berikut ini!
    1. Harus bermental baja
    Jika ingin memasuki dunia perhotelan, berarti kamu harus siap dengan struktur hotel yang bertingkat dan rumit. Tak jarang kamu juga harus siap menghadapi senioritas dan persaingan antar departemen. Masalah misscommunication juga kerap terjadi antar departemen yang saling berhubungan. Sebagian Front Desk dan Housekeeping yang salah paham mengenai status kamar kosong yang sudah bersih atau kamar kosong yang masih kotor.

    Baca juga: Gugup Saat Wawancara? Simak Cara Mengatasinya!

    1. Harus pandai melatih emosi

    Bagaimana tidak? Seorang hotelier harus menghadapi puluhan bahkan ratusan tamu dengan karakter berbeda setiap harinya. Ada tamu yang datang dengan sikap yang tidak menyenangkan. Belum lagi jika harus menghadapi rekan kerja yang usil dan bos yang mengomel. Sebagai pekerja hotel, kamu harus tetap mempertahankan senyum, sopan santun serta intonasi suara yang ramah tak peduli masalah apapun yang sedang kamu hadapi. Jadi, seorang hotelier harus pandai-pandai melatih emosi.

    1. Jam tidur yang tak menentu

    Seorang pekerja hotel harus memiliki stamina dan daya tahan tubuh yang luar biasa. Mengapa demikian? Karena kamu seringkali menghadapi jumping shiftJumping shift adalah keadaan dimana kamu memiliki shift atau jam kerja yang tak menentu setiap harinya. Misalnya hari ini kamu mendapatkan shift pagi, kemudian hari berikutnya shift malam dan hari berikutnya lagi shift siang. Jam kerja yang tak menentu tersebut pasti akan berdampak pula pada pola tidur yang berubah-ubah. Belum lagi jika kamu harus menggantikan rekan kerjamu dan melakukan double shift. Jika tidak pandai mengatur waktu, bisa jadi kamu akan kelelahan dan jatuh sakit.

    Baca juga: Tips Buat Yang Suka Wisata Kuliner

    Selain bermasalah dengan jam tidur, seorang hotelier juga akan merasakan dampak pada kehidupan sosial karena sangat jarang mendapat libur di akhir pekan. Biasanya seorang pekerja hotel tetap harus masuk pada hari-hari libur dan justru mendapat jatah libur pada hari kerja dimana kebanyakan orang masih sibuk dengan pekerjaannya masing-masing.

    1. Harus tahan jijik

    Hotelier akan banyak berurusan hal menjijikan hingga aneh seperti sisa makanan yang tak lagi berbentuk dan tercampur aduk, muntahan di meja atau lantai, noda di sprei, tempat sampah yang menumpuk hingga toilet yang tak disiram. Nah, maka dari itu, seorang hotelier harus tahan jijik, terlebih jika kamu bekerja di bagian dishwasher atau room attendant.

    1. Belajar ilmu perhotelan tidak semudah yang dibayangkan

    Seperti yang sudah disinggung diatas bahwa profesi perhotelan tak jauh berbeda dengan pekerjaan para pelayan/pembantu. Namun, perlu diketahui bahwa pekerja perhotelan tidak sekedar belajar cara bersih-bersih dan menerima tamu. Seorang hotelier juga harus memahami Ilmu Komunikasi, Psikologi Pelayanan, Manajemen Perhotelan hingga Marketing.Belajar mengenai beberapa bahasa dan budaya juga merupakan kewajiban.

    Baca juga: Pastikan Mampir Kesini Kalau Berlibur ke Yogyakarta!

    Belum lagi jika kamu ingin menggeluti bidang Food and Beverages, tentunya kamu tidak hanya sekedar belajar memasak dan mengantarkan makanan tetapi juga dituntut untuk memahami jenis dan macam-macam bahan makanan dan bumbu beserta terminologinya. Kamu juga harus menguasai berbagai teknik meracik dan menyajikan makanan sehingga makanan yang disajikan memiliki kualitas standar perhotelan. Tidak semudah yang dibayangkan, bukan?

    Nah, itu tadi adalah beberapa fakta mengenai pekerja di bidang perhotelan. Industri perhotelan yang dewasa ini berkembang cukup pesat seiring dengan semakin banyaknya jumlah objek wisata di berbagai kota tentu menarik untuk dicoba. Apakah kamu tahu fakta-fakta lainnya mengenai pekerja di industri perhotelan? Bagikan jawabanmu di kolom komentar ya sahabat pagi.

    loading...