Jenis Velg Sepeda Motor yang Perlu Kamu Tahu

0
122
Jenis Velg Sepeda Motor
Source : https://motorku.net/

Jenis velg sepeda motor yang perlu kamu tahu – Pada setiap penggunaan kendaraan berroda pasti menggunakan velg dalam pemasangan ban pada penggerak roda. Namun, ada beberapa jenis velg pada sepeda motor yang mungkin banyak orang belum mengetahui perbedaan dan fungsi dari masing-masing jenis velg ini. Apa saja jenis velg untuk sepeda motor ini? Berikut penjelasannya.

3 Jenis Velg sepeda motor

Velg besi (velg jari-jari)

Source :
https://motorku.net/

Jenis velg ini merupakan jenis velg yang umum digunakan pada produk sepeda motor sejak dulu. Velg jenis ini terbuat dari bahan logam yang telah dilapisi krom sehingga tidak mudah berkarat dan mudah dibersihkan. Velg jenis jari-jari (rim) ini terkenal dengan kemampuannya yang kuat menahan beban berat. Velg jenis ini juga cocok digunakan pada jalan berlubang karena bahannya yang terbuat dari logam sehingga tidak mudah penyok. Selain itu harga dari velg ini juga relatif lebih murah dibandingkan dengan jenis lainnya. Namun, velg jenis ini tidak cocok untuk dipasang dengan tipe ban tubeless.

Velg alumunium

jenis velg
Source :
https://motorku.net/

Bentuk dari jenis velg ini hampir mirip dengan velg besi yang mana sama menggunakan jari-jari, namun yang membedakan ialah bahan pembuatan dari velg jenis ini. Velg ini terbuat dari bahan alumunium sehingga memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan velg besi. Velg jenis ini sering digunakan pada drag race karena bebannya yang ringan sehingga dapat memacu akselerasi motor secara maksimal. Namun, karena bahannya yang terbuat dari alumunium membuat velg jenis ini tidak tahan terhadap goncangan sehingga membuatnya mudah penyok jika terkena goncangan.

Velg Cast Wheel (CW)

jenis velg
Source :
https://motorku.net/

Velg Cast Wheel atau biasa disebut velg racing ini banyak ditemukan diajang balap motor. Mengapa disebut velg racing? Karena salah satu keunggulan dari velg ini yaitu bentuknya yang kokoh dan kuat sehingga mampu bermanuver dengan baik dan membuat akselerasi motor menjadi stabil. Velg jenis ini juga cocok untuk penggunaan ban tipe Tubeless karena bentuknya yang tidak menggunakan jari-jari. Namun, velg ini juga rawan penyok atau retak apabila menghantam lubang besar karena bahannya yang terbuat dari logam magnesuim.

Itulah 3 jenis velg yang umum digunakan. Selalu gunakan velg berkualitas untuk menunjang kenyamanan dalam berkendara. Selain kualitas velg, perhatikan pula penggunaan sparepart pada motor anda. Selalu gunakan pula sparepart berkualitas untuk menunjang performa sepeda motor anda. Anda juga bisa mendapatkan spareparts motor berkualitas pada pemesanan online Baransu atau langsung menghubungi kontak WA dan LINE resmi Baransu.

Baca juga artikel inspiratif lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.