Punya Kebiasaan Menggigit Kuku? Yuk, Simak Akibatnya

0
140
menggigit kuku
Sumber: https://healindonesia.com/

Apakah Anda memiliki kebiasaan menggigit kuku? Pada umumnya, kebiasaan menggigit kuku biasa dilakukan sebagian orang saat sedang gugup, berpikir serius dan lain sebagainya. Kebiasaan ini dilakukan baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Meskipun terdengar sederhana, kebiasaan ini memiliki akibat yang cukup buruk bagi kesehatan Anda.

Berikut adalah beberapa akibat dari kebiasaan menggigit kuku yang dapat membuat Anda berpikir ulang untuk melanjutkan kebiasaan buruk tersebut.

Menyebabkan Penyakit

Kuku adalah salah satu pusat masuknya kuman, jamur dan bakteri karena kita menggunakan tangan dan jari-jari kita untuk melakukan segala aktivitas.

Kuku yang digigit, terlebih lagi jika tertelan dapat menyebakan kuman, jamur dan bakteri masuk ke dalam perut dan menyebabkan berbagai macam penyakit yang ditimbulkan oleh kuman tersebut, seperti diare, rasa mual dan muntah-muntah.

Selain itu, salah satu kuman staphylococcus aureus dapat menyebabkan infeksi pada mulut yang tampak seperti luka yang melepuh.

Menimbulkan Kebiasaan Gigi Menggertak saat Malam

Kebiasaan menggigit kuku tidak hanyamembuat kuku terlihat tidak indah, namun juga menyebakan kerusakan pada gigi. Terlalu sering menggigit kuku juga dapat menimbulkan satu kebiassan baru, yaitu menggertakkan gigi saat tidur. Hal ini karena kebiasaan menggigit kuku yang terbawa hingga tidur.

Jika kebiasaan ini berlanjut, kerusakan pada gigi pun tidak dapat dihindari.

Merusak Kawat Gigi

Kebiassan menggigit kuku dapat menimbulkan dampak yang buruk, terutama jika Anda mengenakan kawat gigi. Seorang Ahli gigi dari Universitas Brotol mengemukakan bahwa kebiassan menggigit kuku dalam jangka waktu yang lama dapat membuat kawat gigi patah.

Bau Napas yang Tak Sedap

Bakteri, kuman maupun jamur yang terdapat dalam kuku, jika masuk ke dalam mulut dapat menimbulkan bau napas yang kurang sedap, apalagi jika Anda juga suka memasukkan jari ke dalam mulut.

Merusak Gusi

Siapan sangka bahwa kebiasaan menggigit kuku dapat berakibat buruk pada gusi Anda? Sebuah studi kesehatan menunjukkan bahwa kebiasaan seseorang menggigit kuku dapat membuat gusi seseorang menjadi bengkak.

Hal tersebut disebabkan oleh patahan kuku yang dapat tertinggal dalam gusi.

Kuku yang Tidak Tumbuh Lagi

Salah satu akibat yang paling sering terjadi pada seseorang yang memiliki kebiasaanmenggigit kuku adalah kuku yang menjadi rusak, terinfeksi dan bahkan beresiko tidak tumbuh kembali.

Hal tersebut dapat terlihat dari bentuk kuku yang sangat pendek. Hal tersebut tidak hanya berdapkan pada kesehatan kuku Anda, namun juga penampilan kuku yang tidak menarik.

Penampilan yang Kurang Menarik

Seseorang yang suka menggigit kuku terkesan memiliki pribadi yang tidak percaya diri dan mudah gugup. Hal tersebut tentu dapat mengurangi penampilan Anda di depan umum.
Bagi Anda yang masih memiliki kebiasaan menggigit kuku, cobalah untuk berusaha menghentikannya agar efek negatif dari kebiasaan tersebut tidak mengganggu kesehatan dan penampilan Anda. Semoga bermanfaat!

Baca juga artikel inspiratif lainnya:

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.