Kenali Penyebab Smartphone yang Sering Panas

0
84
smartphone, overheat

Smartphone – Saat ini, penggunaan gawai atau smartphone tidak akan pernah terlepas dari setiap aktivitas manusia. Bentuknya yang ringan, praktis dan mudah dibawa kemana saja menjadikan barang elektronik yang satu ini banyak diminati. Bahkan, smartphone juga dinilai menjadi sebuah pelengkap gaya hidup, apalagi oleh generasi zaman now.

Sebagai barang elektronik, smartphone pasti mengeluarkan panas akibat adanya gerakan listrik di dalamnya. Kamu pasti seringkali merasa risih dan khawatir apabila mendapati ponselmu sudah terlalu panas atau overheat. Apalagi ketika kamu mendapati ponsel dalam keadaan overheat padahal pemakaiannya pun tidak ekstrem atau biasa aja.

Nah, kira-kira apa ya yang menyebabkan ponsel menjadi terlalu panas dan mudah panas? Lalu, bagaimana cara menghindarinya? Berikut penjelasannya.

  1. Terlalu sering digunakan untuk games

Jika kamu adalah seorang gamers, tentu kamu harus tahu apa resikonya. Pasalnya, bermain game menuntut banyak kinerja dari komponen ponsel, sehingga udara panas akan menyebar di dalam ponsel. Akibat hal tersebut, ponsel tentu saja akan terus bekerja dan jika suhu ponsel terlalu panas maka akan menjadi masalah.

Meskipun komponen ponsel dirancang khusus untuk menangani suhu tinggi, tapi jangan dibiarkan jika ponselmu sudah terlalu panas.

Untuk mencegah overheating, pastikan kamu tidak bermain game terlalu lama atau terlalu sering menonton video, juga hindari membuka banyak aplikasi sekaligus yang membutuhkan banyak tenaga saat memprosesnya.

  1. Kerusakan baterai atau komponen tertentu

Jika kamu tidak terlalu banyak menggunakan ponsel dan masih sering mengalami overheat secara rutin, bisa jadi ada kerusakan perangkat keras pada ponselmu, dan sebaiknya kamu bawa ke tempat service center.

Apabila ponselmu mengalami masalah ini, jangan dibiarkan saja. Karena kalau tetap dibiarkan, akan membuat komponen ponsel lainnya mengalami kerusakan. Misalnya seperti mengurangi kapasitas baterai hingga memperpendek usia baterai.

Bahkan, di beberapa kasus ada ponsel yang mendapati baterainya terbakar dan meledak. Hal ini menjadi pengingat agar kita harus merawat kesehatan baterai ponsel demi menghindari kejadian serupa.

Merawat baterai dengan baik bisa menghindari ponsel cepat panas. Jika kamu harus mengisi daya baterai dalam waktu lama, sebaiknya letakkan ponsel di permukaan yang keras dan dingin, bukan di tempat tidur atau sofa, dan jangan di bawah sinar matahari langsung

  1. Menjalankan fitur atau aplikasi dalam satu waktu

Hal yang sama bisa terjadi saat menjalankan aplikasi yang terlalu berat atau dalam keadaan multitasking sehingga membuat CPU bekerja lebih keras. Hal ini juga berlaku ketika ponselmu menjalankan fitur dan fungsi ekstra, seperti widget atau mengaktifkan Wi-Fi, Bluetooth, atau apapun akan membuat ponsel butuh lebih banyak listrik dan menyebabkan panas. Bila ponsel mendekati suhu yang berpotensi merusak, kecepatan prosesor akan berkurang, sehingga kecepatan operasi jadi lebih lambat atau lemot sebagai salah satu tanda overheating atau terlalu panas.

Cara lainnya adalah hindari penggunaan Bluetooth dalam waktu lama, dan hanya menggunakan jaringan Wi-Fi jika stabil. Jaringan Wi-Fi yang tidak stabil juga akan menyebabkan kinerja ponsel meningkat untuk mencari sinyal dan menyebabkan suhu ponsel menjadi panas.