Kesalahan yang Membuat Ruangan Tampak Sempit

0
108

Mengatur desain interior sebuah rumah menjadi penting agar menciptakan ruangan yang tampak lega dan nyaman. Namun muncul tantangan tersendiri bagi pemilik rumah yang ruangannya yang tak begitu luas. Jika asal meletakkan penempatan furniture, pemilihan warna maupun motif yang sembarangan akan membuat rumah Anda tampak lebih sempit. Anda harus benar-benar pintar menata dekorasi dan memilih furniture, jangan sampai rumah menjadi tampak sesak. Kemudiaan yang muncul adalah pertanyaan bagaimana untuk menata ruangan kecil agar terlihat luas? Ada beberapa kesalahan yang seringkali dilakukan sehingga rumah Anda nampak penuh dengan barang-barang. Apa saja kesalahan tersebut?

Pencahayaan Kurang Maksimal

Kesalahan yang seringkali terjadi dalam mendekorasi ruangan adalah, Anda terlalu memfokuskan pencahayaan utama berupa lampu pada satu tempat saja. Hal tersebut akan membuat ruangan terlihat kecil karna sedikitnya cahaya yang menyebar dalam ruangan. Aplikasikan beberapa lampu lainnya di beberapa sudut ruangan Anda, hasilnya cahaya akan memantul melalui tembok dan mencapai sudut sudut gelap pada ruangan Anda.

Furniture yang Berlebihan

Kebanyakan orang beranggapan furniture berukuran besar akan membuat ruangan tampak mewah. Pada kenyataannya apabila Anda tidak pandai dalam menata dan memahami karakter ruangan akan membuat semakin sempit ruangan dengan furniture berukuran besar. Tak hanya itu, terlalu banyak menempatkan furniture pada satu ruangan akan membuat semakin sumpek. Gunakan furniture yang praktis dan berdesain terbuka. Dengan memanfaatkan furniture built in juga akan menyiasati ruangan sempit Anda. Tips selanjutnya, jangan sampai furniture yang ditempatkan akan menghalangi jendela. Jendela akan memberikan kesan ruangan yang terbuka dan luas, apabila jendela terhalang oleh keberadaan furniture yang ada hanyalah ruangan menjadi sempit.

Wallpaper atau Cat Dinding Berwarna Gelap

Ruangan yang terlihat terang akan memberikan kesan yang terbuka dan lapang, aplikasikan dinding berwarna netral untuk memberikan kesan tersebut. Dinding yang gelap akan menyerap cahaya, ini yang membuat ruangan tampak lebih kecil. Jika memutuskan untuk menggunakan wallpaper, pilihlah wallpaper yang tidak terlalu banyak motif atau gunakan motif kecil untuk memberikan kesan ruangan yang luas. Hindari penggunaan motif besar karana akan semakin menggambarkan ruangan yang sempit.

Terlalu Banyak Ornamen

Meletakkan ornamen dalam rumah juga akan menambah keindahan sebuah ruangan. Namun Anda perlu memperhatikan bagaimana cara meletakkan dan menempatkan. Hindari menaruh sekaligus ornamen dalam satu ruangan, karena malah membuat ruangan Anda semakin berantakan dan tak terlihat rapi. Pajang barang secukupnya secara bergantian, dan aturlah tata letak dari ornamen yang Anda punya.

Untuk mengatasi kesalahan-kesalahan tersebut tntunya Anda bisa mengandalkannya pada sang ahli. Jika Anda mmenginginkan penataan rumah yang terlihat lapang walaupun ruangan anda tidak begitu luas, Anda bisa menyewa jasa desain interior untuk penataan dan penempatan yang tepat setiap elemen dalam ruangan. Karena dengan memanfaatkan jasa tersebut ruangan Anda akan semakin tertara, rapi dan nampak bersih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.