Jobseeker, Pahami Kiat Sukses saat Wawancara Kerja Berikut Ini

0
224
job interview, wawancara kerja
Sumber https://cotoacademy.com/

Sudah bukan sebuah rahasia lagi jika seleksi wawancara merupakan salah satu momok menakutkan bagi para jobseeker alias pencari kerja. Tidak jarang para pelamar yang berkualitas dan sesuai kriteria yang diminta oleh perusahaan ternyata tidak berhasil melewati proses wawancara.

Untuk dapat melewati sebuah wawancara kerja dengan sukses, yuk simak tips-tips berikut.

  1. Cari Tahu Latar Belakang Perusahaan

Ada baiknya Anda mencari tahu latar belakan perusahaan tempat Anda hendak melakukan wawancara kerja. Hal ini untuk memberikan kesan pertama saat wawancara. Akan jadi nilai tambah untuk Anda jika mengetahui seluk beluk perusahaan tempat Anda melamar. Saat ini sudah ada fasilitas internet yang bisa membantu Anda dalam mencari data serta informasi.

  1. Perhatikan Pakaian

Mengenai pakaian yang harus dikenakan, pilihlah pakaian yang rapi dan sesuai dengan citra perusahaan tersebut. Hal itu berlaku, sekalipun perusahaan itu bergerak di dunia komunikasi. Pakailah kemeja rapi, dan jangan gunakan jeans. Untuk bahwahan, Anda bisa menggunakan rok atau celana bahan. Pakailah riasan yang tidak berlebihan, dan hindari memakai flat shoes. Sebaiknya gunakan sepatu berhak dengan hak yang tidak terlalu tinggi.

  1. Datang Lebih Awal

Saat wawancara, penting bagi para pelamar untuk datang lebih awal. Dengan datang lebih awal, Anda akan memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi wawancara tersebut. Anda jadi punya waktu untuk menjernahkan pikiran dan menyiapkan diri. Jika Anda telah siap dan merasa senang, maka saat berbicara di depan pewawancara Anda akan lebih terarah dan meminimalisasi rasa grogi.

  1. Percaya Diri

Saat sesi tanya jawab atau wawancara, rasa percaya diri memang harus dimiliki oleh para pelamar. Namun, usahakan agar rasa percaya diri Anda dalam batas yang wajar. Jangan sampai Anda terlihat over percaya diri, atau justru merasa tidak percaya diri.

  1. Tunjukan Rasa Antusias

Tunjukkan rasa tertarik yang besar terhadap pekerjaan tersebut. Rasa ketertarikan yang tinggi itu dapat ditunjukan melalui cara duduk dan gesture tubuh ketika wawancara. Duduklah dalam posisi yang benar, yakni tetap tegak dan tidak menyandar. Tunjukkan lewat  gesture tubuh jika kita memiliki ketertarikan yang tinggi atas pekerjaan itu. Passion seseorang akan terpancar lewat mata yang berbinar serta cara bicara yang penuh semangat. Anda juga bisa menyatakan ambisi dalam pekerjaan tersebut setelah lima tahun mendatang. Dari situ pewawancara akan melihat apakah Anda benar-benar tertarik dengan pekerjaan itu dan bagaimana keinginan Anda untuk terus mengembangkan kemampuan diri.

  1. Last Impression

Ketika Anda mendapat kesempatan untuk bertanya kepada pewawancara, jangan hanya diam. Manfaatkan kesempatan tersebut untuk bertanya lebih mendalam tentang deskripsi pekerjaan, serta tujuan atau goal perusahaan itu di tahun mendatang agar Anda mampu mempersiapkan diri. Yang penting untuk Anda ingat, jangan bertanya masalah gaji kepada pewawancara, tapi tanyakanlah program kerja atau goal perusahaan. Itu untuk menunjukkan kita memang sangat tertarik dengan pekerjaan tersebut.

Baca juga artikel inspiratif lainnya:

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.