Berkeliling Melakukan Investigasi Mitos & Mistis di Kisah Tanah Jawa

0
185
kisah tsnsh jawa

Penyuka buku bacaan horror mana suaranya? Baru-baru ini terbit sebuah buku baru dengan genre horror yang pekat akan kebudayaan lokal. Buku tersebut lahir dengan judul Kisah Tanah Jawa. Bukan hanya akan membuat bulu kudukmu berdiri, buku ini juga akan mengedukasi mengenai pengetahuan lokal akan kebudayaan tradisional terutama budaya Jawa.

Kisah Tanah Jawa

Bagi kalian yang belum pernah bersentuhan dengan budaya Jawa, maupun kaum milenial yang kini hidup di era modern, buku ini bisa menjadi jembatan yang tepat. Buku dengan cover warna gelap ini berisi 247 halaman padat berkisah tentang asal usul, sejarah, kisah rakyat, dan budaya di Pulau Jawa. Pelan-pelan namun pasti, buku ini akan membuat kalian terhanyut dalam cerita-ceritanya.

Kisah Tanah Jawa ditulis oleh tiga orang berbakat. Sebelum menulis Kisah Tanah Jawa, ketiga penulis ini telah memiliki buku dengan genre yang searoma. Mereka adalah Genta, sang penulis cerita nyata Keluarga Tak Kasat Mata yang sempat viral di tahun 2016, kemudian ada Mada, pemerhati sejarah serta penulis Jogja Hidden Story, dan yang terakhir adalah Hari Hao, menjadi penengah antara kedua penulis dengan fakta yang belum terungkap.

Baca Juga : Menggubah Rasa Jadi Kata Dalam Menulis Kuliner Yang Menggiurkan

Buku terbitan Gagasmedia akan mengajak pembacanya berpetualang di Pulau Jawa dari ujung ke ujung. Ada banyak pengetahuan budaya serta cerita lokal yang bisa digali dalam buku ini. Bahkan, buku ini berbicara detail mengenai agama, tradisi, hingga kebiasaan orang Jawa di jaman dahulu.

Pada bab lainnya, pembaca akan dibawa bergidik dengan cerita-cerita seram hingga tersayat-sayat dengan kisah pengalaman memilukan. Cerita-cerita seram yang dituliskan disini bukan hanya sekedar menakut-nakuti, namun menariknya juga mengedukasi. Fenomena tersebut digali kisahnya mulai dari awal mulanya, kondisi lingkungan sekitar, bahkan hasil ngobrol dengan beberapa dari mereka. Tidak melulu bikin merinding, ada banyak kisah mengharukan juga tentang hubungan antara manusia dengan mereka.

Pesan Tersembunyi

Para pembaca bisa mengambil banyak nilai moral yang terkandung dari buku Kisah Tanah Jawa. Buku ini mengupas banyak kisah yang terpendam di Tanah Jawa. Bahkan ceritanya pun masih segar walaupun banyak cerita yang mengambil pada jaman penjajahan Indonesia dahulu.

Baca Juga : Onegai Bunkasai Sukses Meramaikan Rungkut Dengan Semangat Ala Negeri Sakura

Salah satu pesan yang bisa diambil secara tersirat di buku ini adalah sebagai manusia tentu kita sama-sama makhluk Tuhan yang sama-sama memijak tanah yang sama, sebisa mungkin untuk saling menghormati dan tidak apatis bahwa hal-hal halus tersebut memang ada. Terutama untuk tidak saling merendahkan maupun menyalahgunakan keberadaan mereka untuk hal-hal yang tidak terpuji.

Kisah Tanah Jawa memang sebuah kisah investigasi mitos dan mistis yang dirangkai dengan kalimat mengalir serta jujur tanpa hiperbola. Sangat direkomendasikan bagi pembaca yang menyukai kisah-kisah horror, sejarah, maupun non fiksi.

loading...