Finansial Tenang Kini Dan Nanti, Yuk Mulai Menabung Di Umur 20an!

0
169
Freepik

Saat kalian menginjak umur 20 tahunan, tentu kalian ngerasain banyak hal yang terjadi di dalam hidup. Umur 20an merupakan sebuah masa transisi dari anak yang selalu dinaungi oleh orang tuanya menjadi seorang dewasa yang siap berperan aktif di masyarakat. Pasti ada beberapa dari kalian yang bahagia karena merasa bisa lebih independen ataupun sedang memperjuangkan mimpi-mimpinya. Yang terpenting, kalian juga sudah harus memikirkan untuk memulai menabung di umur 20an.

Umur-umur tersebut merupakan umur manusia saat menginjak dewasa dan mulai memikirkan hidup dalam jangka yang lebih panjang. Pada umur 20an, ada beberapa dari kalian yang sudah memiliki penghasilan sendiri, dari bekerja secara full time atau part time, atau mungkin masih bertahan hidup dari kiriman orang tua setiap bulannya. Apapun sumber penghasilan kalian, ada baiknya untuk tidak berfoya-foya agar kalian bisa hidup tenang secara finansial untuk kini dan nanti.

Baca juga: Lebih Baik Tinggalkan Toxic Relationship Agar Hidupmu Lebih Bahagia

Agar terwujud, kalian bisa mulai menabung di umur 20an dengan cara yang smart:

Dari total penghasilan kalian, ada baiknya untuk selalu mencatat pemasukan dan pengeluaran setiap harinya. Tentunya hal ini akan meningkatkan rasa tanggung jawab dan disiplin dalam aspek finansial kalian sendiri.

Lantas, bagaimana caranya menabung dengan smart? Tidak perlu bingung karena kalian bisa mengikuti tips menabung yang aman namun tetap tidak bikin stress. Hitung total pemasukan kalian setiap bulannya. Nah, sebelum kalian berfoya-foya, buatlah catatan menabung dengan cara membagi jumlah pemasukan kalian ke dalam kelompok-kelompok ini: 50% untuk pengeluaran sehari-hari, 10% untuk amal, 30% untuk menabung dan investasi, dan 10% untuk dana darurat.

Nah, apabila kalian sedang menabung untuk travelling atau membeli sesuatu, kalian bisa menyisihkan dari pengeluaran sehari-hari. Sehingga, uang tabungan untuk masa depan kalian bisa aman. Dengan pembagian yang seperti itu, tentu kalian bisa bernafas lega karena sebagian uang telah kalian sisihkan untuk masa depan kalian.

Catatan tambahan, akan lebih baik apabila kalian bisa memisahkan akun rekening antara pengeluaran sehari-hari dengan tabungan.

Freepik

Pada tahun 20an ini, marii melakukan sesuatu yang berguna agar diri kita di masa depan bisa berterima kasih. Memulai menabung tidak sesulit itu kok! Yuk, mulai dari sekarang guys!

loading...