Mencuci Sepeda Motor, Mending Jangan Lakukan Hal Ini

0
381
Mencuci Sepeda Motor,

Mencuci Sepeda Motor, Mending Jangan Lakukan Hal Ini – Salah satu perawatan kendaraan yang paling sederhana adalah mencuci kendaraan. Baik mencuci menggunakan jasa car wash / cuci mobil maupun cuci motor. selain membersihkan bagian-bagian sepeda motor, kita juga bisa mengetahui kerusakan pada bagian sepeda motor ketika membersihkannya.

Selain kurang enak dipandang, sepeda motor yang kotor ternyata juga dapat mempengaruhi performa apabila terlalu banyak kotoran pada bagian-bagian vital seperti rantai dan gear. Ketika mencuci sepeda motor juga ada beberapa hal yang seharusnya tidak dilakukan agar tidak merusak dan mempengaruhi performa sepeda motor. apa saja itu? Berikut penjelasannya.

Mencuci Sepeda Motor, Berikut Hal yang Tak Boleh Dilakukan.

Mencuci Motor Dalam Kondisi Mesin Panas

Mencuci sepeda motor sebaiknya tidak pada saat kondisi mesin yang panas. Risiko mencuci sepeda motor dalam kondisi mesin yang panas dapat membuat bagian blok mesin dan pangkal knalpot menjadi retak apabila langsung disiram air pada saat masih panas.

Menggosok Bodi Sepeda Motor

Ketika mencuci sepeda motor sebaiknya jangan langsung menggosok bagian bodinya karena dapat menimbulkan goresan akibat debu dan pasir yang menempel. Oleh karena itu siram atau semprot terlebih dahulu supaya debu serta pasir tidak menempel pada bodi dan selanjutnya menggosok dengan spon atau kain.

Menyemprot Rantai Motor dengan Air Bertekanan Tinggi

Menyemprot rantai motor dengan air bertekanan tinggi dapat mengakibatkan pelumas pada rantai menjadi luntur. Sehingga pelumas yang berkurang pada rantai motor dapat menimbulkan gesekan berlebih pada bagian rantai dan gear. Gesekan yang berlebih ini dapat mengurangi performa pada sepeda motor.

Terlalu Sering Menyiram Bagian Mesin

Mesin sepeda motor sangat sensitif terhadap air terutama pada bagian ruang pembakaran bahan bakar. Oleh karena itu jika terlalu sering menyiram bagian mesin, dikhawatirkan ada air yang masuk kedalam mesin dan mengakibatkan mesin tak mau menyala.

Selain mencuci sepeda motor, mengganti spareparts sepeda motor yang sudah rusak juga menjadi cara perawatan yang mudah. Untuk penggantian spareparts motor, Baransu bisa menjadi solusi untuk anda. Selain harganya yang terjangkau, kualitas produk spareparts dari Baransu tak perlu diragukan lagi. Anda juga bisa melakukan pemesanan secara online pada marketplace Tokopedia dan Bukalapak. Baransu juga menyediakan situs resmi yakni Baransuparts.com untuk mempermudah pemesanan produknya.

Itulah beberapa hal yang tak boleh dilakukan pada saat mencuci sepeda motor. semoga bermanfaat.

Baca juga artikel inspiratif lainnya:

loading...