Modifikasi Motor Untuk Persiapan Touring

0
158
modifikasi motor

Modifikasi Motor Untuk Persiapan Touring – Hobi berkendara jarak jauh menjelajahi suatu tempat menggunakan motor bersama komunitas atau kerabat ? Touring menggunakan sepeda motor lebih punya sensasi dibandingkan dengan kendaraan yang lainya. Dengan touring sepeda motor anda bisa melihat langsung pemandangan indah di pegunungan. Sensasi naik turun bukit akan lebih terasa dan Jalanan Terjal menjadi alasan orang untuk menyukai aktivitas yang satu ini. Pastinya touring anda akan lebih seru dilakukan bersama teman maupun komunitas lainya.

Di sini solidaritas akan diuji, jika salah satu teman lelah dan sudah tidak kuat lagi mengendarai motor di tengah perjalanan, semua pemotor touring akan berhenti sejenak di rest area maupun SPBU. Kemudian bila satu motor berdua, anda bisa saling bertukar mengendarai motor tersebut. Hal ini tentu merupakan kegiatan seru yang menyenangkan untuk dilakukan di waktu-waktu senggang. Selain dapat merasakan pengalaman baru, menjelajahi berbagai tempat atau melakukan touring juga dapat meningkatkan rasa kekeluargaan antar rombongan.

Baca juga: Follow Up Setelah Interview Dengan Email

Untuk aktivitas Touring anda berjalan lancar, motor yang Anda kendarai rasanya perlu dimodifikasi sesuai kebutuhan perjalanan. Berikut ini beberapa trik dan tips modifikasi motor touring yang bisa Anda terapkan pada kuda besi  kesayangan Anda.

Memasang Box Pada Motor

modifikasi motor

Inilah yang sering dijumpai dijalan motor yang memodifikasi dengan menggunakan Box. Box atau kotak penyimpanan pada motor touring sangatlah penting mengingat banyaknya kebutuhan barang yang harus dibawa untuk menempuh perjalanan yang cukup panjang. Model top box atau side box bisa dipilih untuk dipasang sebagai tempat penyimpanan beberapa barang seperti toolkit, jas hujan dan lain-lain. Sesuaikanlah kapasitas box yang digunakan sesuai kebutuhan dan kondisi kendaraan supaya terlihat seimbang dan tetap menarik.

Baca juga: Bahagia Ialah Bagaimana Kamu Mencintai Dirimu Sendiri

Menggunakan Windshield

modifikasi motor

Menggunakan windshield merupakan hal yang tidak kalah penting saat anda melakukan touring. Penambahan windshield pada motor touring dilakukan dengan tujuan untuk melindungi perjalanan dari kencangnya angin. Hal ini dilakukan supaya perjalanan menjadi lebih aman dan kenyamanan berkendara semakin terjamin karena tidak terganggu dengan kencangnya angin. Biasanya penambahan windshield juga bisa dilakukan bagi Anda yang touring menjelajahi tempat-tempat yang berlumpur atau becek untuk mencegah cipratan lumpur dari kendaraan yang ada di depan secara langsung ke bagian badan sehingga tubuh tetap terlindungi.

Baca juga: Tonic Immobility Sebagai Reaksi Kelumpuhan Sementara

Mengganti Ban Motor

Ban motor menjadi komponen sangat penting dalam modifikasi motor untuk Touring . Jarak tempuh kendaraan yang jauh dengan berbagai macam medan membutuhkan motor dengan ban yang mumpuni. Demi keamanan dan kenyamanan saat touring, sebaiknya gantilah ban sepeda motor kamu dengan ban tubeless. Jenis ban ini sangat tangguh untuk menerjang jalanan yang terjal. Ban tubeless memiliki kelebihan anti bocor sehingga kamu tidak perlu mengkhawatirkan soal ban. Pilihlah ban dengan relief tebal untuk mengantisipasi motor saat menerjang jalanan terjal.  Ban relief tebal dapat mencengkeram aspal atau bebatuan kerikil ke tanah sehingga meminimalkan risiko ban slip.

Ganti Velg Motor

Sama halnya dengan ban motor, velg mempunyai fungsi yang penting dalam kendaraanmu. Namun, perlu diketahui velg sepeda motor mempunyai kualitas yang berbeda-beda nih! Jadi, kalau kamu ingin touring, sebaiknya ganti velg motormu dengan velg berkualitas bagus. Velg berkualitas memiliki material yang kuat sehingga kondisinya masih tetap prima meskipun menerjang jalan berlubang.

Setting Ulang Gear

modifikasi motor

Sejatinya semua motor standar sudah disetting pabrik mampu melintas macam – macam trek. Cara paling sederhana yaitu menggunakan gear settingan ringan. Selain itu disarankan menggunakan Gear yang tebal. Adakalanya kita juga mengganti dengan gear yang berkualitas dan tidak mudah aus.

Itulah hal-hal yang harus memodifikasi motor kesayanganmu untuk mendukung kegiatan hobi Touring dan jangan lupa para rider selalu mengutamakan keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara. Semoga bermanfaat!

loading...