Penyebab Motor Sering Mogok, Wajib Tahu Agar Tidak Awam Soal Mesin

0
48
penyebab motor sering mogok

Penyebab Motor Sering Mogok, Wajib Tahu Agar Tidak Awam Soal Mesin – Memiliki sepeda motor sebagai kendaraan pribadi tentu sangat membantu mobilitas kita untuk bepergian ke tempat kerja, kampus maupun tempat lainnya. Namun, bagi anda pemilik sepeda motor yang awam soal mesin motor sering kali kebingungan apabila terjadi masalah pada mesin motor. alangkah baiknya untuk menyimak penyebab-penyebab motor sering mogok agar anda tidak lagi awam mengenai mesin motor. berikut penjelasannya.

Penyebab Motor Sering Mogok.

Filter Motor yang Kotor

Filter pada motor berfungsi sebagai penyaring udara yang masuk kedalam mesin agar kotoran dan debu tidak ikut masuk kedalam ruang pembakaran. Namun, kebanyakan orang awan mengabaikan bagian ini. Oleh karena itu selalu cek filter udara pada motor anda agar udara yang masuk kedalam mesin menjadi lancar dan tidak mengakibatkan motor mogok sewaktu berkendara.

Mesin yang Terlalu Panas

Lama dan jauhnya jarak tempuh dapat mengakibatkan mesin sepeda motor anda overheat. Jika mesin motor anda terlalu panas, dapat menyebabkan pelumas dalam mesin menguap dan tidak dapat melumasi komponen piston serta liner boring dengan baik sehingga membuat mesin motor mogok. Sangat disarankan untuk berhenti sejenak untuk mendinginkan mesin sepeda motor agar tidak terjadi masalah tersebut.

Busi yang Kotor

Busi merupakan komponen penting untuk pengapian pada mesin sepeda motor. oleh karena itu apabila busi mulai kotor bisa saja membuat pengapian pada mesin tidak optimal bahkan membuat mesin motor menjadi mogok. Tidak ada salahnya jika anda selalu periksa kondisi busi motor agar tidak terjadi mesin mogok ketika berkendara.

Setelan Klep Kurang Tepat

Setelan klep yang kurang tepat dapat menyebabkan mesin motor menjadi mogok. Hal ini dikarenakan klep yang terlalu rapat, sehingga tidak ada celah dan hal ini dapat menyebabkan mesin motor menjadi terlalu panas serta akselerasinya yang berkurang. Oleh karena itu aturlah setelan klep motor anda agar dapat suhu dalam mesin tidak terlalu panas.

Selain beberapa alasan diatas, penggunaan spareparts motor yang kurang tepat juga dapat mempengaruhi performa motor. Baransu dapat menjadi solusi bagi anda yang ingin mengganti spareparts motor agar performa motor menjadi prima. Pemesanan produk Baransu dapat dilakukan secara online melalui situs Baransuparts.com maupun kontak WA dan Line resmi Baransu.

Kini anda sudah tau beberapa hal penyebab motor sering mogok. Jangan lupa untuk rawat motor anda secara rutin.

Baca Juga Artikel Inspiratif Lainnya :

loading...