Motor matic Vs motor bebek, Mana yang terbaik?

0
380

Motor matic Vs motor bebek, Mana yang terbaik? – Di indonesia penggunaan sepeda motor semakin meningkat mengingat populasi penduduk yang juga meningkat. Kebutuhan sepeda motor untuk digunakan pada aktifitas sehari-hari juga membuat perusahaan sepeda motor menjadi semakin maju dan semakin berinovasi. Sepeda motor matic merupakan hasil inovasi dari perusahaan sepeda motor mengingat sebelumnya perusahaan hanya memproduksi motor manual. Namun, masyarakat menjadi semakin bingung untuk memilih antara sepeda motor matic atau sepeda motor manual. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Lalu, mana yang lebih efisien dan nyaman untuk digunakan? Berikut penjelasan dan perbedaan antara sepeda motor matic dan manual.

Konsumsi bahan bakar

Dari segi konsumsi bahan bakar motor matic lebih boros dibandingkan dengan motor manual. Hal ini dikarenakan RPM dari motor matic selalu tinggi. RPM tinggi pada motor matic berfungsi sebagai pemasok tenaga untuk mendorong roda bagian belakang, dengan hal ini tentu berbeda dengan motor manual yang dapat mengganti gigi persneling jika tenaga mesin kurang untuk mendorong roda belakang pada motor.

Tenaga

Perbedaan tenaga yang signifikan tentu bergantung pada cc mesin masing-masing jenis motor. Namun, pada sepeda motor manual pada umumnya terdapat 4 gigi persneling yang mana tenaganya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Berbeda dengan motor matic yang hanya bergantung pada satu gigi dan tuas gas untuk menyesuaikan tenaga pada mesin sepeda motor.

Penggerak roda

 

CVT
CVT (Continously Variable Transmision)

Penggerak roda pada motor matic menggunakan sistem CVT (Continously Variable Transmision) yang berfungsi untuk mengatur percepatan pada roda belakang sehingga tak perlu memindahkan gigi seperti motor manual. Dan untuk motor manual sistem penggerak rodanya masih menggunakan gear packet yang mana harus mengganti gigi secara manual untuk mengatur percepatan gerak dari roda belakang motor tersebut.

Kesimpulannya adalah dalam konsumsi bahan bakar motor matic lebih boros dibandingkan dengan motor manual, untuk tenaga pada mesin tergantung pada penggunaan dan kebutuhan, pada motor matic tak perlu mengganti gigi untuk mengatur kecepatan karena telah menggunakan sistem CVT yang berbeda dengan motor manual yang masih menggunakan rangkaian gear dan rantai untuk mengganti gigi persneling.

Untuk pergantian sparepart motor manual anda bisa menggantinya dengan produk dari Baransu. Untuk pemesanan produk baransu silahkan langsung menghubungi kontak WA dan line.

Baca juga artikel inspiratif lainnya:

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.