Perhatikan Hal ini Saat Menggunakan Baja Ringan

0
194

Jika Sahabat Pagi ingin membuat rumah. Atap merupakan unsur penting. Selain untuk menutupi keseluruhan bangunan, atap berfungsi sebagai pelindung saat panas atau hujan. Kini, material dengan baja ringan menjadi pilihan yang tepat untuk pembuatan atap. Namun, atap dengan material baja ringan ini memiliki kelebihan. Salah satunya memiliki daya tarik tegang yang baik walau terbilang ringan.

Jika Anda berencana membangun rumah menggunakan atap baja ringan, berikut hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan baja ringan.

  • Sesuaikan Rangka Atap dengan Model Atap

Atap rangka baja ringan bisa dibentuk menjadi berbagai model atap. Atap baja ringan ini juga mudah untuk dipotong dan dibentuk sesuai model atap yang akan dipakai. Hanya saja bentukan rangka atap baja ringan juga harus disesuaikan dengan pembebanan yang akan ditumpu rangka tersebut. Jarak yang digunakan sebaiknya dibuat semakin rapat pada saat pemasangan. Maksimal kerenggangan antar baja yakni 150 cm.

Baca Juga : Desain Pagar Rumah Minimalis yang Cocok untuk Hunian

  • Sesuaikan dengan Jenis Penutup

Walau menggunakan rangka baja ringan, bukan berarti bisa menggunakan penutup dari bahan logam saja. Anda bisa memilih penutup seperti asbes, keramik, kaca hingga beton. Namun kembali lagi, Anda harus memperhatikan penutupnya karena semakin berat bobot penutup yang dipakai, semakin banyak baja ringan yang digunakan.

  • Pilih Baja Ringan dengan Pre-fabrikasi

Pre-fabrikasi merupakan model pemasangan baja ringan yang sebelumnya sudah dipotong-potong oleh pabrik. Pemilihan baja ringan dengan pre-fabrikasi akan membantu para tukang bekerja lebih efisien karena tak perlu melakukan penghitungan serta pengukuran manual saat memasang. Tentunya,dengan metode ini memiliki jaminan rapi serta akurat.

Baca Juga : Manfaat Pasang Turbin Ventilator untuk Rumah

  • Memiliki Garansi

Selain hal di atas, Anda juga harus memastikan bahwa baja ringan yang Anda beli memiliki garansi. Bukan hanya garansi pemakain dan instalasi saja, tetapi garansi produksi yang menyatakan ketahan baja telah teruji sesuai keterangan yang telah diinformasikan oleh pihak penjual.

loading...