Persada Hospital Luncurkan ESWL Sebagai Alternatif Penyembuhan Batu Ginjal

0
1158
penyembuhan batu ginjal

Batu saluran kemih menjadi salah satu penyakit yang ditakuti oleh banyak orang. Penyakit ini dapat muncul akibat obesitas, dehidrasi dan gaya hidup yang kurang baik, serta keturunan (genetik). Ketakutan akan batu ginjal muncul karena proses penyembuhan yang mengharuskan penderita melalui tindakan medis tertentu. Oleh karena itu, Persada Hospital siap memberikan alternatif penyembuhan batu ginjal yang aman dan mengedepankan kenyamanan pasien, yaitu ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy).

Untuk mengenalkan prosedur penyembuhan batu ginjal ini, Persada Hospital menggelar acara seminar Ilmiah yang bertemakan Management of Urologic Disease on Daily Practice. Seminar Ilmiah dan Launching ESWL diselenggarakan pada hari Sabtu, 10 November 2018 lalu di Gedung Srikandi Hall Lt. 7 Persada Hospital. Materi seminar disampaikan oleh Dr. dr. Besut Daryanto, Sp.B., Sp.U (K), dr. Taufiq Nur Budaya, Sp.U,  dan dr. Paksi Satyagraha, M.Kes, Sp.U (K) yang merupakan spesialis di bidang Urologi. Lalu, apakah ESWL itu? dan mengapa ESWL patut dipertimbangkan?

Apa itu ESWL?

ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy)  merupakan sebuah terobosan baru untuk menangani penyakit batu ginjal dan ureter. Sesuai dengan namanya, prosedur ini menggunakan terapi gelombang kejut yang kemudian diarahkan ke batu target guna menghancurkan batu tersebut. Dengan begitu, batu ginjal atau ureter dapat dibuang tanpa pembedahan dan luka dan metode ini mampu menjadi sebuah pilihan penyembuhan batu ginjal.

Apa kelebihan ESWL?

Hal utama yang menjadi keuntungan prosedur ini adalah pasien tidak harus melalui tindakan pembedahan, sehingga tidak akan ada luka pada tubuh pasien. Pembiusan juga tidak perlu dilakukan karena teknologi yang digunakan sudah mampu mengatasi penyakit tanpa mengharuskan pasien masuk ke ruang operasi. Selain itu, prosedur ini menawarkan masa pemulihan yang cepat sehingga pasien dapat melaksanakan aktivitas seperti biasa pasca tindakan medis.

Persada Hospital sendiri merupakan rumah sakit swasta pertama di Malang Raya yang meluncurkan ESWL. Persada Hospital mengundang Dokter FKTP I, dokter Umum RS, dan dokter praktek pribadi yang kelak akan menjadi fasilitator bagi masyarakat dalam acara peluncuran ESWL. Dengan peluncuran ESWL, tindakan medis ini diharapkan dapat menjadi alternatif pengobatan bagi penderita batu ginjal.

loading...