Cegah Asam Lambung Naik dengan Pola Makan Sehat

0
288
pola hidup sehat

Tak sedikit para penderita asam lambung mengaku sering mengalami kambuh seperti rasa tak nyaman, kembung, serta sensasi panas di dada atau heartburn. Hal ini bisa dicegah dengan mengatur pola makan dengan baik.

Dengan mengatur pola makan yang baik, terutama baik untuk asam lambung. Ini dapat menghindari gejala yang memicunya. Ingin tahu lebih lanjut?

Baca Juga: Garam Lososa untuk Menu Sehat Harian

Kembali perlu diperhatikan bahwa agar asam lambung tak mudah naik yakni cegah melalui makan yang kita makan ya, Sahabat pagi. Makanan-makanan berikut yang wajib dihindari bagi penderita asam lambung:

  • Gorengan
  • Fast food
  • Makanan ringan olahan
  • Kopi
  • Minuman berkarbonasi
  • Buah sitrus
  • Daging berlemak
  • Cabai bubuk serta merica

Tak lupa sebaiknya menghindari makanan di atas terutama di malam hari menjelang tidur. Hindari pula makan berat dan porsi besar sebelum tidur.

Nah, Sahabat Pagi bisa mengatasinya dengan beberapa makanan yang baik dikonsumsi aggar asam lambung tak naik. Misalnya oatmeal, uni jalar, wortel, brokoli, pisang, melon, semangka, mentimun, bahkan selada.

Selain mengatur pola makan, Anda juga harus memperhatikan gaya hidup Sahabat Pagi untuk mencegah asam lambung kambuh. Apa saja yang bisa diterapkan?

Baca Juga: Memilih Garam Diet Untuk Konsumsi Sehari-Hari

Jaga Berat Badan

Kelebihan berat badan atau obesitas menjadi salah satu penyebab utama GERD. Hal ini disebabkan karena lemak pada perut dapat memberi tekanan lebih yang mendorong cairan lambung naik ke kerongkongan. Oleh karena itu, ada baiknya selalu perhatikan berat badan Anda.

Makan dengan Porsi Kecil

Anda yang terbiasa makan sembarangan, ada baiknya memulai dengan makan porsi kecil. Makan dengan porsi yang besar dapat memenuhi perut serta memberi tekanan lebih yang membuat GERD lebih mungkin terjadi.

Hindari Langsung Tidur atau Berbaring Setelah Makan

Jangan langsung berbaring setelah makan ya, Sahabat Pagi. Sebaiknya tunggu sekitar tiga jam setelah makan, baru boleh berbaring atau tidur. Hal ini dapat memicu GERD pula.

Selain itu, saat itu ada baiknya Anda menggunakan bantal yang baik atau agak tinggi karena dapat membatu gravitasi dan menghindari asam lambung yang naik.

Hindari Rokok dan Alkohol

Pastikan selalu hindari rokok dan alkohol ya. Kebiasaan merokok dan ditambah minum alkohol memicu gejala asam lambung naik dan kesehatan lain.

Selain itu, pilih bumbu dapur yang baik untuk kesehatan seperti pemilihan garam. Garam Lososa bisa jadi pilihan. Dengan sodium yang rendah dan direkomendasikan pleh para dokter, garam diet ini baik untuk kesehatan.

loading...