Rahasia untuk tetap sehat saat travelling

0
52

Sebentar lagi, liburan yang panjang akan datang dan lebaran pun akan datang. Ini berarti, kamu  akan berpergian jauh untuk bertemu dengan sanak saudara – tak lupa dengan makan-makanan khas lebaran dan jajan-jajanan pasar saat berbuka maupun lebaran yang membuat kamu pengin nyemil terus. Tapi, setelah liburan selesai, nah…. datanglah rasa bersalah gara-gara timbangan badan kamu bilang kalau berat badan kamu naik. Karena hidup itu tentang keseimbangan, inilah rahasia untuk tetap sehat saat traveling.

 

  1. Bawa baju olahraga

Memang sih ini sepele banget, tapi banyak banget orang yang nggak bawa baju olahraga saat traveling. Nggak usah gengsi, bawa saja baju olahraga, lengkap dengan sepatu olahraga kamu. Anyway, sepatu olahraga kamu bisa jadi pelengkap outfit kamu pas jalan-jalan juga kan?

 

  1. Kalau nginep di hotel, coba saja gym-nya!

Kalau kamu nginep di hotel, coba saja gym-nya. Apalagi kalau kamu berpergian ke luar negeri, pergi ke gym bisa jadi pilihan yang tepat. Atau saat kalian nggak bisa tidur, olahraga saja!

 

  1. Atur waktu olahraga kamu

Tinggal atur saja waktu olahraga kamu layaknya kamu olahraga setiap hari. Dengan ini, kamu lebih teratur dengan waktu olahraga kamu. Memang sih kamu lagi “liburan”, tapi nggak ada salahnya dengan bangun sedikit pagi dan olahraga kecil seperti lari ataupun jalan-jalan. Lagipula, kamu bisa sedikit menjelajahi sekitar, loh.

 

  1. Olahraga “kecil” saja kalau kamu malas

Kalau nggak ada gym dan kamu masih terlalu malas untuk olahraga, kamu tinggal olahraga kecil seperti jalan-jalan pagi ataupun lari. Kalau ingin sesuatu yang berat, kamu bisa tinggal streaming YouTube dan buka tutor olahraga yang paling pas buat kamu. Atau, kamu bisa melakukan lima olahraga ini untuk beberapa round : squats, push ups, crunches, burpies, dan shuttle runs. Kalau ada kolam renang, berenanglah. Kalau ada pantai, jalan kaki aja ke sana, berenang, surfing, dan lari saat pulang ke rumah. Selesai deh!

 

  1. Cobain Tabata, yuk!

Pernah dengar olahraga Tabata? Kalau belum, you hear it first from us! Sirkuit Tabata berjalan dari delapan olahraga berat hingga 20 detik, lalu istirahat untuk sepuluh detik. Sudah, deh! Memang sih, cepat banget, tapi efektif juga kok. Kalau kamu melakukannya dengan benar, kamu pasti merasa kayak sudah olahraga hingga lima belas menit.

Nah, contoh untuk olahraga Tabata bisa seperti ini :

Push-ups (4 minutes)

Bodyweight Squats (4 minutes)

Burpees (4 minutes)

Mountain Climbers (4 minutes)

Kamu bisa mulai dari push-up. Lakukan 20 detik dalam intensitas tinggi. Istirahat 10 detik, lalu lakukan push-up lagi untuk 20 detik. Lakukan 8 set, istirahat untuk semenit. Lalu, lanjut squat.

 

  1. Usahakan untuk memakan-makanan yang sehat

Belanja makan-makanan yang sehat di pasar atau selalu simpan buah-buahan segar. Selalu ingat untuk makan sayur dan buah-buahan. Memang sih saat liburan kamu bisa lupa diet kamu atau olahraga kamu, ehhh pulang-pulang udah naik beberapa kilo.

Kamu bisa simpan pisang, anggur, apel, dan makan-makanan energy bar atau kacang-kacangan organik saat kamu butuh cemilan.

 

  1. Jalan kaki, jalan kaki, dan jalan kaki!

Memang sih, kamu bisa melupakan tips-tips di atas dan makan apapun yang disajikan di tempat baru yang kamu tinggali. Tapi, kamu bisa juga membuang banyak kalori dengan jalan kaki kemana-mana. Bisa saja kamu lupa kalau kamu jalan kaki hingga 30km jauhnya. Dengan begitu, kamu bisa membuang kalori, deh! Jangan lupa pakai sepatu yang pas, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here