Inilah sparepart sepeda motor yang rawan rusak!

0
169

Inilah sparepart sepeda motor yang rawan rusak! – Sepeda motor pastinya sangat kita butuhkan untuk kegiatan sehari hari mulai dari belanja ke pasar, berangkat kuliah, berangkat kerja dan lain sebagainya. Selain lebih efektif dan menghemat waktu, punya sepeda motor sendiri juga dapat menghemat biaya transportasi kita.

Namun, terkadang kita lupa untuk melakukan perawatan rutin pada sepeda motor kita sehingga dapat mengakibatkan beberapa bagian pada motor menjadi tidak berfungsi dengan baik bahkan rusak. Inilah beberapa sparepart sepeda motor yang rawan rusak dan perlu perawatan rutin.

Sparepart sepeda motor yang rawan rusak

Kampas rem

Sparepart  ini memang pasti akan rusak. Namun ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk memperpanjang masa penggunaan kampas rem.

kampas-rem

Gunakanlah kampas rem berkualitas dan selalu cek kampas rem pada sepeda motor kesayangan anda untuk mengetahui jika ada kerusakan pada bagian ini. Perhatikan pula setelan kampas rem sepeda motor anda, jangan terlalu kencang dan jangan terlalu kendor agar masa pakai kampas rem menjadi lebih lama dan tidak membahayakan pengendara.

Bearing roda

bearing

Bagian motor satu ini tak kalah pentingnya karena menempel pada bagian roda motor anda. Lubang dan jalanan yang tidak rata adalah penyebab utama rusaknya bagian motor satu ini. Bola – bola besi pada bearing roda ini bisa hancur jika roda motor sering terbentur lubang di jalan. Maka cek secara berkala bagian roda motor anda untuk mengetahui jika ada kerusakan pada bearing roda dan selalu gunakan bearing roda berkualitas agar lebih awet ketika digunakan.

Bohlam

bohlam

Sumber cahaya pada sepeda motor ini sangat berperan penting untuk pengendara supaya dapat melihat dalam jalan yang gelap. Bagian motor ini juga sering terjadi kerusakan, maka selalu cek bohlam motor, kelistrikan pada motor anda dan selalu gunakan bohlam motor berkualitas untuk memperpanjang masa pemakaian pada bohlam.

Gear set dan rantai

gear-set

Spare part ini punya ketahanan yang cukup lama, tetapi setelan rantai pada gear set dapat berubah karena beban motor yang terlalu berat dan setelan rantai yang terlalu kencang. Maka, selalu gunakanlah gear set berkualitas untuk sepeda motor kesayangan anda dan selalu cek setelan rantai motor anda.

Itulah beberapa sparepart motor yang sering rusak dan jarang kita perhatikan dalam penggunaannya. Pada dasarnya menggunakan spareparts berkualitas adalah hal yang paling penting untuk memperpanjang masa penggunaan.

Baca juga artikel inspiratif lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.