Spull Motor Rusak dan Cara Mengeceknya

0
338
Spull motor rusak
Source : https://google.co.id/

Spull Motor Rusak dan Cara Mengeceknya – Alternator / spul pada motor merupakan komponen motor yang berupa lilitan kawat yang bersebelahan dengan magnet sepeda motor. komponen ini berfungsi untuk menghasilkan arus listrik sebagai penerangan, pengisian, pengapian atau sebagai sensor membaca posisi crankshaft. Jika komponen ini mengalami kerusakan maka akan mempengaruhi pada komponen lain terutama performa motor. sehingga sepeda motor tidak dapat menggunakan elektrik starter. Berikut beberapa kerusakan pada spull sepeda motor.

Spull Motor Rusak dan Cara Cek Kerusakannya

Spull Pengisian

Apabila spull ini mengalami kerusakan atau terbakar, maka akan berpengaruh pada aki sepeda motor yang dapat menyebabkan aki nge-drop. Jika kerusakan terdapat pada lilitan kawat spull motor maka jika melakukan penggantian kiprok tidak akan menghasilkan pengaruh yang signifikan.

Pengecekan kerusakan pada spull motor dapat dilihat kondisi fisik dari spull tersebut, apakah terbakar atau lilitan kawatnya terputus. Dan untuk pengecekan secara akurat tanpa melakukan pembongkaran gunakan avometer.

Baca juga: Kabut Asap Kembali Menganggu Warga Palangkaraya

Atur pada ohm/hambatan kondisi dingin suhu mesin sekitar 20 derajat, hubungkan socket merah avometer dengan kabel putih spull dan socket hitam avometer dengan kabel hitam maka akan terbaca 0,2 – 1,0 ohm, jika lebih dari 1,0 ohm maka dianjurkan untuk mengganti spull motor anda.

Spull Penerangan

Redupnya lampu utama pada motor juga dapat dipastikan karena kerusakan pada spull pengisian yang terbakar atau lilitannya yang putus. Hal ini dapat dicek secara fisik atau diukur dengan avometer suhu mesin 20 derajat kondisi dingin agar akurat.

Baca juga: Aplikasi Path Ucapkan Selamat Tinggal

Caranya atur ohm / hambatan lalu hubungkan kabel spull putih dengan socket avometer warna merah, kemudian kabel spull hitam dengan socket avometer warna hitam. Jika hambatan lebih dari 0,2 – 1,0 ohm maka dianjurkan untuk mengganti spull motor anda.

Anda dapat mengganti spull motor anda dengan produk dari BARANSU. Selain berkualitas dan harganya yang terjangkau, anda juga dapat mendapatkan produk-produk Baransu secara online dengan membuka situs resmi Baransuparts.com. pada situs ini anda dapat melakukan pemesanan spull motor atau produk spareparts sepeda motor yang anda butuhkan.

Itulah beberapa kerusakan pada spull motor dan cara mengeceknya. Semoga bermanfaat.

 

loading...