Beginilah Cara-Cara Menjaga Stamina Saat Berpuasa

0
132

Berpuasa memang terasa berat saat belum terbiasa menjalankannya. Tidak makan serta minum selama kurang lebih 12 jam bisa menjadi sebuah tantangan sendiri setiap harinya dalam Bulan Ramadhan. Belum lagi saat harus terbangun setiap dini hari untuk makan sahur akan merubah banyak pola hidup kita dalam satu bulan ini.

Walaupun begitu, bukan berarti kemudian semangat kita dalam belajar atau bekerja memudar. Simak tips-tips berikut agar stamina tetap terjaga walau sedang berpuasa:

Tambah Ibadahmu

Apabila biasanya ibadahmu hanya shalat lima waktu, kini di Bulan Ramadhan kalian bisa menambah ibadah shalatmu dengan ibadah shalat sunnah. Di pagi hari setelah matahari terbit sebelum shalat Dhuhur kalian bisa menunaikan shalat Dhuha, sedangkan di malah hari sebelum sahur bisa menunaikan ibadah shalat Tahhajud. Selipkan doa agar puasa di Bulan Ramadhan ini menjadi berkah dan bermanfaat serta diberi kemudahan dalam menjalankannya.

Jaga Pola Makan

Pastikan makanan yang kalian konsumsi mencukupi kebutuhan-kebutuhan nutrisi tubuh seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan juga mineral. Dengan memenuhi nutrisi tubuh, niscaya tubuh kalian akan bisa menyesuaikan dengan jadwal berpuasa setiap harinya. Hindari pula memakan goreng-gorengan pasa saat sahur karena akan membuat tubuhmu gampang mengantuk di siang hari, ini disebabkan kurangnya asupan hemoglobin karena makanan berminyak.

Selain itu, selalu jaga kadar air di dalam tubuh kalian dengan meminum air putih sebanyak delapan gelas setiap harinya. Yang terakhir, jangan terlalu kalap saat sahur serta berbuka puasa, karena makanan-makanan tersebut malah membuat perut sesak dan memperlambat keluarnya enzim pencernaan.

Olahraga Ringan

Olahraga di pagi hari mungkin menjadi terhambat karena harus berpuasa. Ubah jadwal olahraga kalian di malam hari, bisa setelah Sholat Tarawih atau sebelum tidur. Tidak perlu olahraga yang berat-berat, cukup berjalan kaki, yoga, atau fitness ringan dengan aplikasi sudah cukup membantu dalam menjaga kebugaran tubuh kalian.

Power Napping

Bagi kalian yang mendapatkan waktu luang di siang hari, kalian bisa mencoba power nap. Power Nap sendiri berarti tidur siang singkat yang biasanya memakan waktu selama 10 menit sampai 15 menit. Dalam Islam sendiri ada sebuah istilah yaitu Qailulah, yaitu tidur siang sejenak. Qailulah ini juga disebutkan sebagai salah satu sunnah Nabi Muhammad SAW.

Nah, bulan puasa bukan berarti aktivitasnya ikut puasa juga. Apalagi kalau seharian hanya diisi dengan bermalas-malasan di atas kasur saja. Ikuti saja tips-tips di atas agar stamina ketika puasa kalian tetap terjaga. Selamat berpuasa!

 

 

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.