Tips merawat kampas Rem agar awet

0
144
Tips merawat kampas rem
Source : https://www.google.co.id/

Tips merawat kampas Rem agar awet – Hampir setiap hari sepeda motor digunakan untuk transportasi dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Namun, tak sedikit pengendara sepeda motor yang lupa untuk merawat dan memperhatikan sepeda motor yang digunakan sehingga membuat umur sparepart pada motor menjadi tidak awet.

Dan salah satu bagian motor yang sering luput dari perawatan yakni bagian Rem motor. Rem motor merupakan bagian vital untuk menjaga kecepatan sepeda motor dan tidak lepas kendali sehingga dapat menyebabkan kecelakaan bagi pengendara. Berikut Tips merawat kampas Rem agar awet.

Tips merawat kampas Rem agar awet

Langkah pertama agar kampas rem menjadi awet yaitu periksa kondisi serta posisi tromol pada rem sepeda motor. Bersihkan bagian tromol dan cakram dan pastikan selalu dalam keadaan bersih sehingga tidak mengganggu pada saat melakukan pengereman. Pastikan pula piringan cakram berputar secara simetris sehingga beban kampas rem tidak terlalu berat.

Langkah berikutnya, bersihkan kapiler dan pin fleksibel secara rutin. Hal ini bertujuan agar tekanan yang diberikan kampas rem sama rata. Perhatikan pula jarak bebas antara piringan dan kampas rem, apabila belum sempurna maka atur kembali jarak bebas kampas rem supaya tidak menyentuh cakram pada saat tidak dilakukan pengereman.

Langkah berikutnya yaitu memastikan bearing roda selalu terlumasi dengan baik dan lakukan pelumasan secara teratur. Hal ini bertujuan supaya tidak terjadi speling pada bearing dan mengakibatkan piringan cakram bersinggungan dengan kampas rem dan dapat membuat kampas rem menjadi mudah aus.

Langkah terakhir, lakukan pengereman secara semestinya. Atur jarak berkendara dengan pengendara lain supaya tidak terlalu sering melakukan pengereman dan dapat membuat umur rem menjadi tidak awet. Pada saat melakukan pengereman secara terus-menerus akan dapat mengakibatkan kampas rem mudah terbakar dan pastinya rem menjadi tidak pakem. Dan selalu gunakan kampas rem berkualitas supaya tidak mudah aus.

 

Tips merawat kampas rem

Itulah Tips merawat kampas Rem agar awet. Poin terpenting dalam merawat kendaraan adalah memperhatikan setiap bagian sepeda motor secara rutin. Gunakan pula spareparts berkualitas seperti produk Baransu. Pemesanan spareparts Baransu dapat dilakukan secara online atau langsung menghubungi kontak WA dan LINE resmi Baransu. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel inspiratif lainnya:

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.