Tips mudik aman menggunakan motor

0
119
mudik motor 1

Tips mudik aman menggunakan motor – Tradisi mudik lebaran sudah menjadi tradisi tahunan di indonesia. Mudik atau pulang kampung ketika lebaran merupakan tradisi dimana para perantau pulang ke kampung halaman untuk bertemu sanak saudara setelah lama jauh dari keluarga.

Ketika musim mudik tiba, segala hal wajib dipersiapkan karena membludaknya jumlah pemudik di indonesia. Persiapan mulai dari perbaikan jalan, perbaikan pada kendaraan umum serta fasilitas umum lainnya. Tak terkecuali persiapan bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi khususnya motor. Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan pada sepeda motor sebelum berangkat mudik? Berikut tips-tipsnya.

Rencanakan waktu mudik

Sebelum pulang ke kampung halaman tentukan waktu yang tepat. Sesuaikan dengan libur kerja dan waktu untuk mulai berangkat mudik ke kampung halaman, karena anda bisa memperkirakan waktu serta jarak yang akan anda tempuh saat mudik.

Persiapan fisik bagi pengendara

Bagi pemudik yang menggunakan motor wajib mempersiapkan fisik serta mental. Karena pada saat perjalanan mudik akan jauh berbeda dari hari-hari biasanya. Mulai dari kemacetan di jalan, perjalanan jauh dan barang bawaan yang cukup banyak. Oleh karena itu sebelum berangkat pastikan tubuh dalam kondisi fit dan istirahat yang cukup untuk meminimalisir kecelakaan pada saat perjalanan.

Beristirahatlah pada rest area atau SPBU saat merasa lelah dan mengantuk. Karena hal ini sering terjadi bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi.

Persiapan perlengkapan berkendara

Bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor pribadi tentu harus mempersiapkan perlengkapan berkendara karena jarak yang cukup jauh. Persiapkan perlengkapan berkendara mulai dari helm, masker, kacamata, sarung tangan, jaket, dan lain-lain. Perlengkapan ini sangat penting untuk mengantisipasi apabila terjadi kecelakaan di jalan sehingga anda dapat terlindungi.

Persiapan kendaraan

 

mudik motor

Mempersiapkan kendaraan sebelum berangkat mudik tentu sangat penting. Persiapan mulai dari tune up, mengganti oli, cek bagian roda kendaraan serta mengganti sparepart motor yang rusak. Hal ini sering disepelekan sehingga banyak mengakibatkan kecelakaan. Oleh karena itu persiapkan kendaraan yang akan digunakan saat perjalanan mudik.

Itulah beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum pulang ke kampung halaman. Untuk pergantian sparepart motor anda bisa menggantinya dengan produk baransu yang berkualitas dengan harga terjangkau. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel inspiratif lainnya:

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.