Baso Aci, Kuliner Pedas Asal Garut Ini Bakalan Bikin Ketagihan

0
148

Masakan pedas memang selalu menjadi sebuah guilty pleasure yang bikin nagih. Apalagi sensasi pedasnya itu bakalan selalu membuat lidah kita nagih buat makan lagi, lagi, dan lagi. Karena itulah juga, kenapa makanan pedas bisa ikutan nge-hits. Setelah tren salted egg telah berlalu, kini tren makanan pedas datang membanjiri dunia kuliner Indonesia. Mulai dari seblak, ayam ceker, sampai baso aci.

Misanya, untuk baso aci ini menjadi spesial di kalangan foodie di Indonesia karena memberikan sensasi baru dalam memakan bakso. Baso Aci memiliki sedikit perberbedaan dengan bakso biasa. Pada bakso biasa, umumnya semangkuk bakso berisi pentol berbahan daging sapi, tahu bakso, siomay, gorengan dan mie. Nah, kalau bakso aci ini berisi pento aci yang seringnya disebut dengan cimol yang diberi isian pilus kecil, gorengan bulat kecil, serta cuanki

Ada beberapa istilah yang mungkin masi jarang didengar di Surabaya, seperti cimol atau cuanki ya. Cimol adalah sebuah pentol yang terbuat dari tepung kanji yang biasa dijual sebagai street food atau jajanan anak sekolah. Sedangkan, cuanki adalah tahu kering yang diisi dengan bakso ikan, mungkin bisa dibilang mirip dengan batagor. Kuliner yang berasal dari Garut ini cocok dimakan saat sedang hangat-hangatnya. Pas banget kan buat musim hujan?

Untuk menyantap baso aci ini pun kalian tidak perlu harus jauh-jauh pergi ke Jawa Barat. Sekarang baso aci sudah memiliki kemasan instan yang bisa kalian nikmati kapan saja. Untuk mencicipinya pun kalian bisa membeli langsung lewat online, karena sudah banyak brand yang mengemas baso aci agar bisa dikirim hingga antar pulau.

#basoacinenggeulis #bacineng #basoaci

A post shared by basoaci NENG GEULIS (@basoaci_nenggeulis) on

Menyiapkan santapan baso aci juga tidak sulit, mirip dengan menyiapkan mie instan. Kalian hanya perlu menambahkan bumbu, bubuk cabe, dan baso acinya ke dalam panci air panas sampai baso acinya terlihat mengembang. Untuk kalian yang kurang bisa menolerir rasa pedas, maka harus berhati-hati dalam menambahkan bubuk cabenya, karena dalam jumlah sedikit saja rasa pedasnya udah nampol banget. Selanjutnya, kalian tinggal memindahkan baso aci dan kuahnya ke dalam mangkuk, kemudian tambahkan pilus, gorengan, serta cuanki ke dalam kuah tersebut, dan yang terakhir peras jeruk limau yang sudah termasuk dalam kemasan ke dalam semangkuk baso aci kalian. Santaplah saat sedang hangat-hangatnya gengs!

Semangkuk baso aci ini bakalan bikin kalian merem melek karena rasa gurih, segar, dan pedasnya yang nendang banget. Siap ditantang dengan pedasnya kuliner Garut yang satu ini? Yuk cobain gengs!

Baca artikel inspiratif lainnya:

Thank God It’s Friday, Waktu Yang Baik Untuk Bersedekah

Master Steak, Masternya Steak Daging Ala Pedagang Kaki Lima

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.