Hidup Lebih Sehat Dengan Garam Lososa

0
343
Balance Diet Healthy Nutrition Concept

Saat ini cukup menantang untuk menerapkan pola hidup sehat terlebih dalam hal menjaga pola makan sehat dan seimbang. Banyak makanan olahan dan cepat saji yang bisa kita konsumsi kapan pun namun berdampak buruk bagi kesehatan karena kandungan garam yang tinggi. Seperti yang kita ketahui bahwa konsumsi garam berlebih dapat memicu berbagai gangguan kesehatan seperti hipertensi, stroke, serangan jantung, kanker, osteoporosis dan masih banyak lagi.

Garam sebenarnya diperlukan oleh tubuh karena kandungan sodiumnya sebagai mineral yang bisa bermanfaat dalam memelihara kesehatan tubuh. Namun konsumsi sodium berlebihan justru dapat membahayakan tubuh. Sehingga harus dijaga agar kadar garam yang kita konsumsi tetap seimbang setiap harinya. Menurut rekomendasi dari pakar kesehatan dan Kementerian Kesehatan Indonesia, natrium yang dianjurkan ialah tidak lebih dari 2000mg per harinya atau sekitar 1 sendok teh saja. Dengan begitu, manfaatnya bisa dirasakan oleh tubuh tanpa memicu risiko penyakit-penyakit berbahaya.

Baca Juga: Kelebihan Garam Lososa Dalam menjaga Kesehatan Tubuh

Garam lososa untuk sehari-hari

Memilih garam yang sehat dan berkualitas kini tidak sulit karena ada lososa atau low sodium salt (garam rendah sodium) yang memiliki kandungan natrium 40 persen lebih rendah dibanding garam lainnya. Dengan mengonsumsi garam rendah sodium ini, maka bisa membantu mencegah risiko konsumsi garam berlebih.

Lososa bisa diaplikasikan pada berbagai jenis makanan dan masakan yang kita konsumi dalam keseharian. Perlu diketahui bahwa kandungan natriumnya yang lebih rendah dari garam biasa tidak menjadikan kadar keasinan pada lososa berkurang. Rasa lososa sama saja seperti garam biasan dan kadar keasinannya pun tetap sama. Sehingga tidak akan berpengaruh pada tingkat kelezatan makanan dan masakan yang dibuat.

Maka dari itu, tidak perlu menggunakan garam lososa secara berlebihan karena takut masakan kurang asin atau kurang lezat. Justru dengan menggunakan lososa, kita tidak perlu lagi menggunakan garam secara berlebihan untuk menambah cita rasa pada makanan agar lebih lezat. Cukup digunakan seperlunya saja agar bisa diambil manfaatnya.

Tetap jaga pola hidup sehat

Sekalipun sudah memilih garam lososa sebagai garam untuk digunakan dalam keseharian, bukan berarti kita menjadi lalai dalam menjaga pola makan sehat seimbang. Perlu diketahui bahwa makanan olahan dan makanan cepat saji serta makanan kemasan biasanya mengandung kadar garam tinggi. Sehingga kalaupun dirumah menggunakan lososa namun tetap sering makan makanan yang tidak sehat diluar, maka tetap saja dapat berisiko menyebabkan efek negatif pada tubuh.

Selain menjaga pola makan yang sehat dan seimbang, penting pula untuk menerapkan pola hidup sehat dengan rajin berolahraga, tidur yang cukup, serta menghindari stres. Dengan begitu, upaya untuk menjaga tubuh tetap sehat bisa dioptimalkan. Upayakan sekarang juga dengan memilih garam lososa dan menerapkan pola hidup yang lebih sehat, seimbang, dan positif.

loading...