Hipertensi Meningkat? Ini 4 Alasannya

0
283
hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi saat tekanan darah lebih dari 130/80 mmHg. Hipertensi juga disebut juga silent killer karena dapat timbul tanpa gejala khusus tetapi dapat sebabkan kematian.

Penyakit hipertensi yang sudah berlangsung lama dan tak terkontrol serta tak segela ditangani, akan menimbulkan kerusakan pada organ tubuh. Penyakit jantung koroner, stroke, dan gagal ginjal merupakan hasil dari penyakit darah tinggi.

Banyak alasan yang mempengaruhi bagaimana hipertensi meningkat.  Namun, ada risiko yang tak bisa diubah.

Risiko Hipertensi yang Tidak Bisa Diubah

Riwayat Keluarga

Riwayat keluarga berperan terhadap munculnya tekanan darah tinggi. Jika Anda mempunyai riwayat keluarga sedarah seperti orang tua, nenek kakek, atau kakak adik yang menderita, risiko mendapatkan hipertensi cukup tinggi.

Usia

Bertambahnya usia juga cenderung mempengaruhi kenaikan tekanan darah. Ini disebabkan pula karena semakin bertambah usia, pembuluh darah secara alami menebal dan lebih kaku. Hal ini dapat meningkatkan risiko hipertensi. Namun, anak-anak dapat pula mengalami tekanan darah diri.

Jenis Kelamin

Jenis kelamin ternyata juga mempengaruhi risiko tekanan darah tinggi. Laki-laki akan sering mengalami hipertensi di bawah usia 55 tahun, sedangkan wanita di atas usia 55 tahun. Wanita yang menopause juga memiliki risiko mengalami hipertensi.

Baca Juga: Garam Diet, Cara Ampuh Turunkan Berat Badan

Namun, adakah yang bisa diubah agar hipertensi bisa terkontrol?

Tentu saja bisa, Sahabat Pagi. Simak apa saja alasan kenapa tekanan darah tinggi meningkat.

Pola Makan tidak sehat

Pola makan tidak sehat ini memiliki banyak faktor seperti sering konsumsi junk food, makan manis dan asin berlebihan. Ditambah lagi, tidak menyukai sayur dan buah yang rendah serat dan tinggi lemak jenuh.

Sahabat Pagi bisa memulainya dengan memilih produk garam yang baik untuk kesehatan. Garam Lososa merupakan garam diet sehat yang telah direkomendasikan oleh banyak dokter untuk membantu kontrol tekanan darah tinggi.

Kurangnya aktivitas fisik

Bekerja dengan duduk seharian dapat mengganggu kesehatan. Seringnya duduk ini membuat Anda suka ngemil yang menyebabkan berat badan bertambah. Hal ini dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

Konsumsi alkohol berlebih

Rutin konsumsi alkohol berlebih dapat mengganggu kesehatan. Salah satunya tekanan darah tinggi. Selain penyakit tersebut, akan banyak risiko yang timbul seperti kanker, obesitas, gagal jantung, atau stroke.

Stres

Stres juga meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Saat Anda stres, Anda dapat mengalami pola makan yang tidak teratur, malas untuk beraktivitas,mengalihkannya pada merokok atau konsumi alkohol berlebih. Beberapa hal tersebut secara tak langsung dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

loading...